• Home
  • Ekbis
  • Kabut Asap Bikin Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Dumai

Kabut Asap Bikin Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Dumai

Hadi Pramono Kamis, 21 Maret 2019 10:42 WIB
DUMAI - Pesawat Wings Air jenis ATR 72 gagal mendarat di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai akibat  kabut asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Rabu (20/3/19) kemarin.

Pesawat tersebut terbang dari Bandara Kualanamu, Medan Sumatera Utara menuju Kota Dumai. Pesawat berangkat dari Medan sekira Pukul 11.50 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Pinang Kampai sekitar pukul 13.05 WIB.

Akibat kabut asap pesawat tidak bisa mendarat akibat jarak pandang terbatas hanya sekira 1,5 kilometer, sementara normalnya jarak pandang untuk mendarat di bandara Dumai sekira 5 kilometer.

Akibatnya, pesawat mendarat darurat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Setelah cuaca membaik lalu kembali lagi ke Bandara Dumai. Pesawat baru tiba di Dumai sekitar pukul 15.40 WIB. 

Informasi yang dirangkum dari Bandara Pinang Kampai Dumai. Selain penerbangan Medan - Dumai, kabut asap juga mengganggu jadwal penerbangan lainnya.

Yaitu penerbangan Pekanbaru menuju Dumai menggunakan pesawat jenis sama yaitu Pesawat Wings Air ATR 72. 

Akibat kabut asap yang begitu tebal pesawat delay sekira 1 jam 30 menit. Pesawat yang dijadwalkan terbang Pukul 14.25 penerbangannya terpaksa ditunda sampai Pukul 15.55 dan baru tiba di Dumai sekitar pukul 16.30 WIB.

Kedatangan pesawat tersebut mengalami Keterlambatan karena normalnya pesawat tiba sekitar pukul 14.55 WIB.

Terganggunya ajadwal penerbangan pesawat Wings Air jenis ATR 72 dari Pekanbaru tujuan Dumai berdampak pada keterlambatan penerbangan dari Dumai menuju Batam.

Penerbangan Dumai - Batam seharusnya lepas landas Pukul 15.15 WIB, akibat kabut asap jadwal penerbangan diundur dan baru bisa terbang sekira pukul 16.40 WIB. 

Kepala UPT Bandara Pinang Kampai, Irvan membenarkan telah terjadi keterlambatan take off maupun landing terhadap pesawat Wings Air jurusan Medan - Dumai, Pekanbaru - Dumai dan Dumai Batam.

"Ya ada penerbangan dari Medan tujuan Dumai tidak bisa mendarat, karena siang tadi kabut asap cukup tebal, akibatnya mempengaruhi jadwal penerbangan di bandara Dumai," kata Irvan.

Ia mengatakan jarak pandang ketika itu hanya sekitar 2 km, namun menjelang sore sudah normal kembali. "Penerbangan sore sudah normal kembali," tutupnya 

Salah satu penumpang Wings Air dari Pekanbaru menuju Dumai bernama Ani mengatakan pesawat delay sekitar 1 jam lebih akibat kabut asap.

"Di bandara Pekanbaru sempat diberitahu kalau pesawat kami delay akibat kabut asap," kata Ani.

Masih kata Ani, dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru baru take off sekitar pukul 15.55 WIB biasanya pukul 14.25 sudah terbang dan baru tiba di Dumai Pukul 16.40 WIB, jadwalnya molor sebab biasanya pukul 14.55 WIB sudah tiba di Dumai. 

Pengakuannya, dari atas udara selama penerbangan diselimuti kabut asap. 

"Selama penerbangan pesawat yang kami tumpangi diselimuti kabut asap. Biasanya ketika mau landing terlihat kebun sawit hijau, tadi tidak terlihat sama sekali kecuali kabut asap, tapi Alhamdulillah penerbangan berjalan dengan selamat," pungkasnya. 

[halloriau]
Tags Bandara Pinang KampaiKabut AsapKarlahut
Komentar