• Home
  • Ekbis
  • Year End Thank You Letter from Tokopedia

Year End Thank You Letter from Tokopedia

Rabu, 28 Desember 2016 17:48 WIB
JAKARTA - Sudah ada lebih dari satu juta masyarakat Indonesia yang memulai bisnis mereka di Tokopedia. Triliunan rupiah berhasil mereka raih setiap bulannya, lewat lebih dari 30 juta jenis produk siap dibeli dengan harga terbaik yang transparan. 

Tokopedia juga secara berkala menciptakan inovasi untuk negeri. Inovasi yang pada dasarnya menyesuaikan pada masalah-masalah relevan yang dialami pengguna layanan kami yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. 

Kemudahan Pembayaran - Kami fokus memungkinkan masyarakat melakukan pembayaran tunai di gerai retail seperti Indomaret, 7-Eleven, Alfamart, Alfamidi dan Lawson. Inovasi ini memungkinkan masyarakat Indonesia yang tidak memiliki akun bank untuk bertransaksi online.

Selain itu, kami juga memungkinkan merchant kami memberikan cicilan 0% selama 12 bulan ke seluruh customer mereka---dengan pembayaran penuh diterima langsung oleh merchant terlepas dari customer membayar lewat cicilan ke mitra bank kami.

Kemudahan Logistik - Kami berinovasi dengan on demand delivery lewat Gojek, Grab dan Ninja Xpress. Integrasi ini memungkinkan pembeli menerima produk dalam hitungan jam jika berbelanja dari penjual yang tinggal di kota yang sama dengan mereka. Saat ini, total sudah ada 12 logistik yang menjadi mitra kami dalam pengiriman.

Kemudahan Merchant - Kami berinovasi lewat kemudahan memindahkan foto instagram menjadi produk. Selain itu juga inovasi yang memungkinkan penjual kerajinan tangan atau barang-barang yang mesti diproduksi terlebih dahulu, lewat fitur pre-order.

Tokopedia juga menggandeng beberapa mitra bank dan lembaga keuangan lainnya untuk memberikan pinjaman modal lewat program Mitra Toppers, yang memungkinkan para penjual online mendapatkan akses pinjaman modal hingga Rp 18 miliar per merchant, dengan menggunakan data transaksi online mereka di Tokopedia sebagai credit score.

Kemudahan Sehari-hari - Tokopedia juga mengembangkan fitur kemudahan dalam kebutuhan sehari-hari, mulai dari isi ulang pulsa dan paket data. Kami juga memungkinkan pengguna membayar BPJS Kesehatan dan tagihan listrik, membeli token listrik hingga voucher game. Tokopedia juga telah memungkinkan pengguna berdonasi online lewat TopDonasi.

Kemudahan Pemasaran - Gerai retail offline besar seperti Ramayana, Century, Oppo, Smartfren, Luna, Yupi, Mustika Ratu dan Reckitt Benckiser pun menggandeng Tokopedia sebagai mitra mereka untuk pemasaran produk secara online.

Jika dipelajari dari inovasi setahun terakhir, maka bisa ditarik benang merahnya. Inovasi Tokopedia selalu bermuara pada misi untuk mendorong pemerataan ekonomi secara digital, dengan inovasi yang memudahkan orang-orang yang ingin memulai dan membangun bisnis mereka, atau memungkinkan pengalaman berbelanja online yang transparan, efisien dan aman.

Keberhasilan di atas tentu melibatkan banyak pihak, tidak terkecuali Rekan Media, maka saya William Tanuwijaya selaku CEO Tokopedia, mewakili segenap tim, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan Rekan Media kepada kami sepanjang tahun 2016.

Peran serta berbagai pihak yang percaya akan visi dan misi Tokopedia, khususnya Rekan Media, turut membawa kami menjadi satu-satunya situs lokal dalam daftar 10 besar situs paling sering dikunjungi di Indonesia menurut SimilarWeb. Data AppAnnie di semester pertama 2016 juga menunjukkan bahwa aplikasi Tokopedia merupakan aplikasi jual beli online yang paling sering dipakai di Indonesia dengan jumlah pemakai aktif dua kali lipat dibanding pilihan lainnya. Sederet penghargaan yang kami dapatkan di bawah ini tentu juga tidak terlepas dari campur tangan Rekan Media.

1. Indonesia Digital Economy Award 2016
Penyelenggara: MarkPlus & IDSA
Kategori: Best Company in Customer Industry
2. Top 50 Valuable Indonesian Award 2016
Penyelenggara: Millward Brown
Kategori: One to Watch
3. Young Global Leaders 2016
Penyelenggara: World Economic Forum
4. Top Brand Awards 2016
Penyelenggara: Majalah Marketing & Frontier Consulting Group
Kategori:
a. Online Shop Barang Elektronik
b. Situs Jual Beli Online
5. Indonesia E-Commerce Award 2016
Penyelenggara: idEA, Mars & Majalah SWA
Kategori: The Best Marketplace C2C
6. Digital Marketing Award 2016
Penyelenggara: Marketing Group
Kategori:
a. The Best Website
b. The Best Online Shopping App
c. The Best Mobile Application Product
d. The Best Product Mobile Application
7. Marketing Awards 2016
Penyelenggara: Marketing Group
Kategori: The Best in Marketing Campaign: “Ciptakan Peluangmu”
8. Perusahaan Terbaik 2016
Penyelenggara: Job Planet
Kategori:
a. Kelompok Kategori Berdasarkan Jenis Perusahaan Startup
b. Kelompok Kategori Startup dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Tertinggi Terhadap Aspek Work-Life Balance
c. Kelompok Kategori Startup dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Tertinggi Terhadap Aspek Budaya Perusahaan
d. Kelompok Kategori Startup dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Tertinggi Terhadap Aspek Manajemen
e. Kelompok Kategori Startup dengan Tingkat Kepuasan Karyawan Tertinggi Terhadap Aspek Gaji dan Tunjangan
f. Daftar Startup yang Paling Menarik Perhatian Pencari Kerja di Indonesia Tahun 2016

Tahun depan, kami menargetkan bisa terus menjaga kepercayaan masyarakat Indonesia, tetap menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia sebagai solusi jual beli online, serta pembayaran kebutuhan sehari-hari---semua dimulai dari Tokopedia.

Akhir kata, kami mengucapkan selamat menyambut tahun baru 2017. Terima kasih, telah bersama-sama mengejar mimpi sebesar dunia untuk tahun yang lebih baik.

(rdk/rls)
Tags Tokopedia
Komentar