• Home
  • Hukrim
  • Densus 88 Tangkap Lima Terduga Teroris Jaringan Anshar Daulah

Densus 88 Tangkap Lima Terduga Teroris Jaringan Anshar Daulah

Hadi Pramono Selasa, 24 Oktober 2017 20:11 WIB
Penggerebekan terduga teroris di Kampar. ©2017 merdeka.com/abdullah sani
PEKANBARU - Detasemen Khusus 88 Anti Teror menangkap 4 terduga teroris, di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Selasa (24/10). Mereka ditangkap di lokasi dan tempat yang berbeda saat berada di jalanan.

"Empat terduga teroris ini merupakan jaringan Jamaah Anshar Daulah. Jadi mereka ini ditangkap di pinggir jalan," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo kepada merdeka.com, Selasa (24/10).

Dijelaskan Guntur, dua teroris awal, W alias Abu Afif (42) dan BS alias Abu Ibrohim (31) ditangkap di Perumahan Pandau Permai Kabupaten Kampar pukul 07.15 WIB. 

Sementara dua lainnya, YH dan HD diciduk di Kelurahan Tangkerang Kota Pekanbaru pukul 08.00 WIB, dan Perumahan Griya Anggrek Kabupaten Kampar pukul 10.00 WIB.

"Kasus ini masih kita dalami lebih lanjut, untuk sementara masih 4 orang terduga teroris. Yang Abu Afif ini merupakan pimpinannya, yang lainnya anggota," jelas Guntur.

Diberitakan sebelumnya, W dan BS ditangkap saat sedang berjalan kaki di Jalan Kopkar Raya, daerah Pandau Permai. Penangkapan oleh Densus 88 Anti-teror itu juga diback up Brimob Polda Riau bersenjata lengkap serta jajaran Polres Kampar.

"Tim Densus hingga saat ini masih melakukan pengembangan dan melacak jaringan teroris mereka," jelas Guntur.

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Targetkan Markas Polisi

Detasemen Khusus 88 Anti Teror kembali menangkap terduga teroris di Riau. Kali ini, bernama Nanang Kurniawan (NK) alias Abu Aisha di jalan Kubang Raya Kilometer 5, gang rumahnya, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Dia ditangkap Selasa (24/10) sekitar pukul 12.30 Wib.

"NK ‚Äémerupakan terduga teroris kelima yang ditangkap Densus 88 hari ini. Dia ditangkap di jalan Kecamatan Tambang," ujar Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo kepada merdeka.com, Selasa (24/10) malam. 

Kelima terduga teroris ini ditangkap di tempat dan waktu yang berbeda. Target yang akan dilakukan para pelaku teroris ini dalam dekat ini akan menghancurkan beberapa tempat-tempat yang masuk dalam wilayah eksekusinya. Mayoritas target mereka adalah polisi dan markasnya.

"Jadi para terduga teroris ini akan mengeksekusi targetnya dengan menghancurkan tempat-tempat kantor kepolisian yang ada di Pekanbaru. Mungkin Pos Polisi, Polsek, Polres dan termasuk Polda Riau," ucap Guntur.

Dijelaskan Guntur, dua teroris awal, Wawan alias Abu Afif (42) dan Beni Samsu Trisno (BST) alias Abu Ibrohim (31) ditangkap di jalan Perumahan Pandau Permai Kabupaten Kampar pukul 07.15 Wib. Abu Afif merupakan pimpinan para terduga teroris ini.

Sedangkan dua terduga teroris lagi Yoyok alias Abu Zahid ditangkap saat berada di Kelurahan Tangkerang Kota Pekanbaru pukul 08.00 Wib, dan Handoko alias Abu Buchori diciduk Perumahan Griya Anggrek Kabupaten Kampar pukul 10.00 Wib.

Abu Afif dan Abu Ibrohim ditangkap saat sedang berjalan kaki di Jalan Kopkar Raya, daerah Pandau Permai. Penangkapan oleh Densus 88 Anti-teror itu juga diback up Brimob Polda Riau bersenjata lengkap serta jajaran Polres Kampar.

(mdk/mdk)
Tags Densus 88Polda RiauTeroris
Komentar