• Home
  • Hukrim
  • Dugaan Pencemaran Nama Baik, Kombes MZ Muttaqien Laporkan Balik Seorang Petani Siak

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Kombes MZ Muttaqien Laporkan Balik Seorang Petani Siak

Riauterkini.com Kamis, 02 April 2020 15:45 WIB
PEKANBARU - Setelah sebelumnya digugat di Pengedilan Negeri Siak oleh Samin seorang petani di wilayah Siak atas terpasangnya plang dengan mencatut namanya di lahan milik Samin, Irwasda Polda Riau, Kombes MZ Muttaqien laporkan balik petani pemilik lahan seluas 300 hektare itu ke Ditreskrimsus Polda Riau. Ia melaporkan atas dugaan pencemaran nama baik.

"Benar telah kita laporkan, Ditreskrimsus Polda Riau akan periksa Samin tengtang pencemaran nama baik di Media karena tanpa konfirmasi baik lisan maupun tulisan langsung," terangnya saat dikonfirmasi riauterkini.com, Rabu (01/04/20).

Lanjutnya, dalam hal ini Samin disangkakan telah melanggar pasal Pasal 45 ayat (3) Jo pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016, tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Dimana ancaman 4 tahun penjara.

Muttaqien mengatakan dia tidak pernah memasang plang yang tertera namanya itu di lahan sawit milik Samin. Dia mengaku bahwa ada oknum yang mencatut namanya untuk diterakan dalam plang itu. 

"Saya telah laporkan pencatutan nama saya ke Polres Siak. Dan saat ini Polres Siak tengah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa orang terkuat pencemaran nama baik saya ini," ujarnya.

Terpisah Asep Ruhiat pengacara yang ditunjuk Irwasda Polda Riau membenarkan melaporkan Samin ke polisi. "Kita juga didampingi kuasa hukum Bidkum Polda Riau," katanya.

Untuk diketahui, perkara ini bermula saat muncul plang yang tertera nama Irwasda Polda Riau, Kombes MZ Muttaqien di lahan kepala sawit milik seluas 300 hektar milik Samin di Siak.

Kuasa Hukum Samin, Eddy Ramadhan dari kantor hukum Michael Suherman dan rekan, Selasa (31/03/20) sebelumnya mengatakan dengan adanya plang itu, maka kliennya merasa dirugikan. Untuk itu pihaknya melayangkan gugatan ke PN Siak.

"Karena ini masalah perdata, maka kami mengajukan gugatan perdata di PN Siak, yang kami daftarkan 24 Maret 2020. Berdasarkan sistim informasi perkara di website PN Siak, gugatan kami telah diregsiter, di kepaniteraan PN Siak, nomor 9/PDT.G/2020/PN.Sak," terangnya.
Tags Pencemaran Nama BaikPetani SawitPolda RiauSengketa Lahan
Komentar