• Home
  • Hukrim
  • Kapolda Riau Sebut Setiap Kasus Narkoba Bakal Dikenakan Pasal TPPU

Kapolda Riau Sebut Setiap Kasus Narkoba Bakal Dikenakan Pasal TPPU

Hadi Pramono Jumat, 13 April 2018 15:43 WIB
PEKANBARU - Disampaikan langsung oleh Kepala Kepolisian Daerah Riau, Irjen Nandang, Kamis (12/04/18) kemarin, setiap kasus narkoba, tersangka akan dikenakan dua pasal sekaligus. Yakni pasal pidana UUD narkotika dan pasal TPPU. 

"Kita akan kerjasama dengan pihak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam kasus narkoba. Dimana dari hasil PPATK ini kita dapat mengetahui apa saja aset yg dimiliki, simpanannya dimana, bahkan juga asal-usul simpanan tersangka. Jadi, bukan hanya kita proses kejahatannya saja," terangnya. 

Menurut Nandang, hasil dari PPATK inilah yang menjadi dasar tindak pidana yang ke-2. Sebab, dari sini akan terlihat aliran dana dan tindak pidana pencucian uangnya. 

"Ini adalah upaya kita untuk memberantas peredaran serta penyelahgunaan narkoba, yakni dengan memiskinkan para bandar narkoba," katanya. 

Sementara itu, keberhasilan Polda Riau dalam mempersempit ruang gerak para pengedar juga sudah cukup dirasakan. Dijelaskan Nandang, penyelundupan sudah tidak terlalu banyak terjadi. 

Meski begitu, Polda Riau masih merasakan akan kekurangan sarana dan prasarana dalam memonitor garis pantai yang menjadi tempat favorit para penyelundup narkoba melalui pelabuhan tikus yang ada di sepanjang garis pantai tersebut. Bahkan kerjasama antara TNI dan Bea Cukai juga masih belum maksimal. 

"Untuk itu, kita bekerjasama dengan masyarakat dengan menghadirkan pelatihan serta pembinaan kepada nelayan dalam menjalankan pengamanan. Jadi kita bentuk seperti Polmas yang menjadi anggota keamanan di sepanjang pesisir pantai yang panjangnya puluhan ribu kilometer di Riau," bebernya.

(rdk/rtc)
Tags NarkobaPolda RiauTPPU
Komentar