• Home
  • Hukrim
  • Pabrik Miras Rumahan di Pekanbaru Beromset Rp1 Miliar Sebulan

Pabrik Miras Rumahan di Pekanbaru Beromset Rp1 Miliar Sebulan

Hadi Pramono Senin, 14 Januari 2019 21:18 WIB
PEKANBARU - Home industri minuman keras di Jalan Bunga Raya, RT03/RW12, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, ternyata bisa meraup untung yang besar dari hasil pendistribusian miras-miras yang telah diproduksi. 

Tak main-main, di rumah mewah bercat putih dan berpagar putih tersebut, 6 orang tersangka yang menjalankan usaha itu bisa meraup omset Rp1 miliar setiap bulannya. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto di TKP. Kata dia, miras yang sudah selesai diproduksi selanjutnya akan didistribusikan ke luar Kota Pekanbaru. Seperti Jambi, Sumbar, Sumsel, Dumai dan daerah luar lainnya. 

"Omset per bulannya Rp1 miliar. Upah mereka bervariasi, ada yang digaji per bulan dan ada juga yang mendapatkan fee dari setiap miras yang sudah berhasil dijual. Enam tersangka yang kita amankan juga punya tugas tersendiri, ada yang meracik bahan-bahan, memasang tutup botol serta mendistribusikannya ke luar kota," gumamnya, Senin (14/01/19). 

Pamen berkepala pelontos ini menuturkan, per botolnya, miras yang dihasil dari home indsutri tersebut akan dijual oleh tersangka dengan harga miring yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran. Mulai dari Rp20 ribu sampai Rp80 ribu per botol, tergantung dari setiap merk-nya. 

"Miras-miras ini mereka jual dengan harga murah. Ada yang Rp20 ribu sampai Rp80 ribu.Target pendistribusiannya ke luar Pekanbaru, termasuk ke beberapa kabupaten/kota lain yang ada di Riau," ucapnya. 

"Miras-miras ini sangat berbahaya, karena bahan yang digunakan untuk membuatnya juga terdiri dari air kamar mandi yang dicampur dengan alkohol dan zat pewarna pakaian," jelasnya panjang lebar. 

Sebelumnya, sebuah rumah mewah di Jalan Bunga Raya, RT03/RW12, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya mendadak ramai jadi tontonan masyarakat sekitar saat anggota Polsek Lima Puluh membongkar aktivitas terselubung di rumah tersebut.

Ternyata merupakan home industri minuman keras oplosan. Tak tanggung-tanggung, dari penggerebekan itu, sedikitnya 6 tersangka turut diamankan bersama barang bukti 14.659 botol miras oplosan. 

Menurut Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, pengungkapan itu sendiri dilakukan oleh pihaknya di dua lokasi berbeda pada Sabtu, (12/01/19) siang lalu. 

Lokasi pertama adalah di Jalan Bunga Raya, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, tepatnya di sebuah rumah mewah bercat dan berpagar putih yang berada di pinggir jalan. 

Di lokasi pertama tersebut, sambung Santo, polisi pun awalnya menangkap 5 tersangka yakni Agus Suranata, Mulpardi, Tamsir, Sepi Hardiyansyah dan Ravinda Wirta. 

Berangkat dari pengembangan penyelidikan di lokasi pertama itu, polisi selanjutnya kembali menciduk seorang tersangka tambahan, Masril di Jalan Bypass Chevron, Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir. 

Dari keseluruhan pengungkapan yang dilakukan petugas, turut diamankan pula barang bukti, 14.659 botol miras oplosan, 29.361 botol kosong, 83.325 karton kosong, 68.500 lembar logo/label miras berbagai merk, beragam mesin pembuat miras oplosan dan bahan-bahan pembuat miras seperti zat pewarna pakaian, alkohol dan lain-lain.

(Riau Terkini)
Tags Minuman KerasMirasMiras OplosanPabrik MirasPolresta Pekanbaru
Komentar