• Home
  • Hukrim
  • Pengemudi Pajero Sport Maut Menyerahkan Diri ke Polresta Pekanbaru

Pengemudi Pajero Sport Maut Menyerahkan Diri ke Polresta Pekanbaru

Liputan6.com Selasa, 15 September 2020 15:28 WIB
PEKANBARU - Pengemudi Mobil Mitsubishi Pajero Sport maut berinisial AM akhirnya menyerahkan diri ke Polresta Pekanbaru. Sebelumnya, pelaku sempat menginap di hotel untuk menenangkan diri karena menewaskan seorang pesepeda bernama Zulhelmi di Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (13/9) pagi kemarin.

Kasat Lantas Polresta Pekanbaru Emil Eka Putra SIK menyebut pelaku menyerahkan diri pada Senin siang, 14 September 2020. Pelaku ditemani keluarga dan kuasa hukumnya. "Setelah itu kami periksa, selanjutnya dilakukan penahanan sesuai aturan yang berlaku," kata Emil.

Kepada petugas, pengemudi mobil mewah warna putih BM 1233 RQ pabrikan Mitsubishi mengaku tak mengebut saat kejadian. Dia menyebut hanya kaget ketika melihat ada beberapa pesepeda di depan mobilnya. "Dia mengaku panik sehingga terjadi kecelakaan," kata Emil.

Saat bersembunyi di salah satu hotel Pekanbaru, AM sudah tahu orang yang ditabraknya meninggal dunia dari media sosial. Dia pun menyerahkan diri setelah berkonsultasi dengan keluarga.

Penyidik menjerat AM dengan Pasal 310 ayat 3 dan 4 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dia juga dijerat dengan Pasal 313 UU tersebut. "Ancaman penjara maksimal 6 tahun dan denda Rp75 juta," kata Emil.

Pasal-pasal tersebut, terang Emil, mengatur tentang kecelakaan yang menyebabkan seseorang mengalami luka berat hingga meninggal dunia. Berikutnya mengatur terkait kecelakaan tidak menolong korbannya.

Terkait adanya informasi pelaku di bawah pengaruh alkohol ataupun narkoba, Emil menyebut masih mendalami. Emil mengaku akan menampung informasi dari luar untuk diselidiki.

Sebelumnya, Zulhelmi tewas ditabrak pelaku ketika bersepeda atau gowes di jalan tersebut, Minggu pagi, 14 September 2020. Kepala perempuan 44 tahun itu terluka parah dan kakinya patah.

Selain PNS di Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru itu, pelaku juga menabrak pesepeda lainnya, Haryanto Jasman. Sekuriti ini mengalami luka lecet di bagian kepala dan sepedanya rusak berat.
Tags Kecelakaan LalulintasKecelakaan MautMitsubishiPajero SportPolresta Pekanbaru
Komentar