• Home
  • Hukrim
  • Penjelasan Polda Riau Terkait Amankan Pengacara Neno Warisman

Penjelasan Polda Riau Terkait Amankan Pengacara Neno Warisman

Hadi Pramono Senin, 27 Agustus 2018 13:30 WIB
PEKANBARU - Pengacara Neno Warisman, Mursal Abdillah sempat diamankan polisi saat terjadinya aksi demonstrasi di pintu keluar Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sabtu (25/8) kemarin.

Menurut Polisi, Mursal diamankan karena pertimbangan keamanan atas aksi penolakan kedatangan Neno di Pekanbaru.

"Ada beberapa yang diamankan, termasuk yang cedera. Informasi yang cedera ada dua, tetapi sudah membaik. Kemudian pengacara (Mursal) kita mintai keterangan. Pengacara dari Jakarta," ujar Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto saat konferensi pers di Mapolda Riau, Minggu (26/8).

Polisi mengamankan massa baik kubu pro maupun yang kontra dengan kedatangan Neno Warisman untuk deklarasi 2019GantiPresiden di Pekanbaru.

"Masing-masing kelompok kita amankan karena menjaga keselamatan yang bersangkutan," kata Suanto.

Diketahui, Neno Warisman berencana menggelar aksi deklarasi 2019GantiPresiden di Kota Pekanbaru, Riau. Namun rencana itu menimbulkan gejolak berupa penolakan dari berbagai kalangan. Tak sedkit pula yang mendukung deklarasi itu untuk tetap dilaksanakan meski tidak diizinkan kepolisian.

Begitu Neno tiba di Pekanbaru pada Sabtu sekitar pukul 15.15 Wib, sejumlah elemen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa. Mereka melakukan pengadangan terhadap Neno di pintu keluar Bandara Pekanbaru. Sehingga Neno tertahan di pintu keluar Bandara selama 7 jam hingga akhirnya dipulangkan pukul 22.30 Wib.

Susanto mengatakan, Neno dipulangkan atas pertimbangan keamanan karena adanya demonstrasi. Polisi berinisiatif memulangkan Neno ke Jakarta dengan pesawat Lion Air pukul 22.30 Wib. Polisi berkoordinasi dengan otoritas Bandara Pekanbaru dalam mengatur jadwal penerbangan Neno.

"Pertimbangan situasional, bahwa ibu Neno tidak bisa melanjutkan perjalanan, massa pro dan kontra memiliki potensi yang besar terhadap keselamatan (Neno)," kata Susanto.

(mdk/mdk)
Tags 2019gantipresidenNeno WarismanPolda Riau
Komentar