• Home
  • Hukrim
  • Polda Riau Siagakan 940 Personel Amankan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Polda Riau Siagakan 940 Personel Amankan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019

Hadi Pramono Jumat, 21 Desember 2018 18:50 WIB
PEKANBARU - Membantu pengaman di moment natal 2018 dan tahun baru 2019 (NATARU), Kepolisian Daerah Riau siagakan 940 personel. Tak hanya itu tersebar juga 56 pos pengaman dan pelayanan di seluruh Riau. 

Kapolda Riau, Irjen Widodo Eko Prihastopo, Jum'at (21/12/18) menjelaskan pengaman ini akan berlangsung semala 10 hari. Yakni mulai dari 23 Desember hingga 1 Januari 2019 mendatang. 

"Ini serentak se-Indonesia. Untuk Riau kita siapkan 40 pos pengamanan dan 16 pos pelayanan," terangnya. 

Pengamanan ini, lanjut Widodo, di fojudkan di titik-titik konsentrasi masyarakat khusus dalam perayaan tersebut. Seperti pusat keramaian, tempat-tempat ibadah, serta jalan lintas baik lintas timur maupun lintas barat. 

"Kita tekankan, petugas tetap siaga terhadap aksi terorisme dan tindak kejahatan lainnya," paparnya. 

Tambahnya, hal ini juga dipengaruhi dari pengalaman dimana tahun 2000 terjadi pengeboman di beberapa gereja di wilayah Batam. "Sekitar 300 gereja kita bantu pemangaman se-Riau. 

Ia, juga memerintahkan personelnya untuk lakukan tindakan tegas jika ada tindak pidana yang dinilai membahayakan. 

"Riau, memiliki ciri khas yang kurang bagus. Dimana tindak pidana seperti perampokan, begal sering terjadi khususnya di hari-hari besar. Untuk itu, saya tegaskan tembak ditempat jika dinilai membahayakan," bebernya. 

Bukan hanya menerjunkan puluhan personel, pihaknya juga berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait khusus pengamanan NARU ini. Seperti di jalur lintas Sumatera yang juga menjadi fokusnya saat ini. 

Memberikan keamanan dan pelayanan, Polri dan TNI serta instansi terkait hadirkan pos pos do sepanjang jalan lintas tersebut. "Kita juga telah lakukan koordinasi lintas sektoral bersama intasi lainnya. Intinya kita siap memberikan pengaman," bebernya. 

Tak hanya jalur darat, pusat penyeberangan juga turut menjadi sorotannya. Dimana diprediksi akan terjadi lonjakan penumpang di jalur air ini. 

"Antisipasi adanya penyelundupan barang haram juga kita tekankan kepada personel. Sebab Riau kini menjadi lalu lintas peredaran narkoba yang masuk dari Malaysia melalui pelabuhan tikus yg ada," tutupnya. 

(Riau Terkini)
Tags NatalPolda RiauTahun Baru
Komentar