• Home
  • Lingkungan
  • Hotspot Muncul, Wabup Rohil Ingatkan Masyarakat Tak Bakar Lahan

Hotspot Muncul, Wabup Rohil Ingatkan Masyarakat Tak Bakar Lahan

Karyadi Rabu, 26 Juli 2017 19:53 WIB
ROKAN HILIR - Wakil Bupati Rohil Jamiludin, sangat khawatir dengan kondisi cuaca yang kini memasuki musim kemarau. Kondisi ini biasanya sangat rentan dengan kasus kebakaran hutan dan lahan.

"Saya minta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena dibeberapa daerah sudah terlihat adanya titip api (hotspot)," kata wabup menghimbau kepada masyarakat, Rabu (26/7/201).

Apalagi, tambahnya  wilayah Rohil secara keseluruhan didominasi tanah gambut yang mudah terbakar. Meski demikian kasus kebakaran lahan dan hutan diwilayah Rohil berkurang dibanding tahun sebelumnya.

"Sudah diakui Pemprov Riau dan pemerintah pusat bahkan kita mendapat penghargaan terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan," ingatnya.

Kerjasama antara pemda, polisi serta TNI, lanjutnya secara bersinergi dalam menagani karhutla sangat baik, dan pemda sangat berterima kasih kepada pihak kodim dan polres yang ikut bersama sama dalam penanganan maupun pemadaman titik api.

Belakangan ini pena, urainya, sudah terdapat beberapa hotspot di wilayah Rohil, namun demikian api sudah dapat dijinakkan, selain itu pihak kepolisian juga sudah menangkap pelaku pembakar lahan di kepenghuluan Serusa Kecamatan Bangko.

Oleh karena itu, Pemkab Rohil berharap kerjasama masyarakat dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan dengan cara menginformasikan kepada pemerintah ditingkat kepenghuluan jika sewaktu waktu terjadi karhutla.

(kry/mcr)
Tags KarhutlaPemkab RohilWabup Rohil
Komentar