• Home
  • Lingkungan
  • Kementerian LHK Kirimkan Helikopter Bantu Penanganan Karhutla di Riau

Kementerian LHK Kirimkan Helikopter Bantu Penanganan Karhutla di Riau

Hadi Pramono Selasa, 02 Maret 2021 16:10 WIB
Kementerian LHK Kirimkan Helikopter Bantu Penanganan Karhutla di Riau
PEKANBARU - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berikan bantuan satu unit helikopter tipe Bell-412 untuk penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan di Riau.

Sebagai langkah antisipasi dan kesiapan pengendalian karhutla, setelah ditetapkannya status siaga Karhutla oleh Pemprov Riau.

“Helikopter dari KLHK ini untuk membantu pemantauan udara dan evakuasi penyelamatan,” ucap Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan  KLHK, Basar Manullang, Selasa, 2 Maret 2021.

Basar, menambahkan, dalam waktu dekat satgas gabungan akan melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wiilayah Riau.

“TMC bertujuan untuk membasahi kawasan gambut, mengisi kanal dan kolam retensi untuk menekan luasnya kebakaran. Selain itu, untuk mendukung personil tim darat di daerah yang minim pasokan air,” jelasnya.

Setelah KLHK berikan dukungan helikopter untuk pengendalian karhutla, satgas penanganan karhutla langsung melakukan patroli udara dan pengecekan karhutla di sejumlah titik.

“Dilakukan pengecekan karhutla ke beberapa titik diantaranya, Karya indah, Pematang Pudu, Lubuk Gaung, Bukit Timah, Tanjung Leban, dan  Giam Siak Kecil,” ujarnya

Terlihat lokasi titik api sudah berhasil dipadamkan, dan sebagian masih terlihat tim satgas melakukan proses pendinginan. 
Sumber: Riauonline.co.id

Tags HelikopterKLHKKabut AsapKarhutlaKarlahutKebakaran LahanKementerian LHKRokan Hilir
Komentar