• Home
  • Lingkungan
  • Menlu Singapura Apresiasi Kinerja Satgas Karhutla Riau

Menlu Singapura Apresiasi Kinerja Satgas Karhutla Riau

Hadi Pramono Selasa, 25 Juli 2017 16:37 WIB
PEKANBARU - Menteri Luar Negeri (Menlu) SIngapura Muhammad Maliki bin Usman mengapresiasi kinerja Satgas Karhutla Provinsi Riau yang dianggap berhasil mengatasi kasus kebakaran hutan dan lahan yang saban tahun terjadi.

Hal itu disampaikan Menlu Singapura dalam pertemuan dengan Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman di ruang VIP Bandara Lancang Kuning. 

Menlu Singapura dan rombongan mendarat di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada Selasa (25/07/2017) pagi.

Pertemuan yang dipimpin Gubri itu antara lain membahas sejumlah kerjasama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan Singapura terutama dalam pencegahan karhutla di Provinsi Riau.

Seperti diketahui, kasus karhutla di Riau biasanya berimbas ke Negeri Singa itu karena letak geografis Riau yang berbatasan langsung dengan Singapura. 

Dalam dua tahun terakhir, kasus karhutla di Riau relatif berkurang dan bisa diatasi. Kondisi ini tentu juga sangat menguntungkan Singapura.

"Ternyata Pak Menlu masih fasih berbahasa Indonesia," ucap Gubri Andi kepada sejumlah media usai menerima Menlu Singapura.

"Mencegah dan mengatasi karhutla ini kan tantangannya sangat berat. Namun dengan kerjasama yang baik, alhamdulillah kita dapat mengatasinya. Makanya pihak Singapura mengapresiasi dan menawarkan sejumlah kerjasama, antara lain dukungan helikopter atau drone," sambung Gubri lagi.

Satgas Karhutla Provinsi Riau juga menawari pihak Singapura untuk ikut dalam operasi pemadaman agar memahami bagaimana kondisi yang berat di lapangan.

Selain itu, Menlu Singapura juga menawarkan kerjasama terkait pengembangan lahan gambut untuk tanaman pangan. 

"Ya kita berharap akademisi atau pihak universitas di Singapura membantu penelitian tentang tanaman apa yang cocok untuk lahan gambut itu," ucap Gubri.

Hadir mendampingi Gubri, antara lain Danrem 031/Wirabima Kolonel Inf Abdul Karim dan Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger.Selama di Pekanbaru, Riau, Menlu Singapura rencananya akan mengunjungi sejumlah tempat dan diakhiri dengan ramah-taman dan makan malam bersama dengan Gubri.

(rdk/mcr)
Tags Gubernur RiauKabut AsapKarhutlaMenlu Singapura
Komentar