• Home
  • Lingkungan
  • Wawako Dumai Berharap MPA Lakukan Pencegahan Sejak Dini Karhutla

Wawako Dumai Berharap MPA Lakukan Pencegahan Sejak Dini Karhutla

arie Kamis, 20 Juli 2017 18:34 WIB
DUMAI - Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo berharap agar kelompok masyarakat peduli api dapat melakukan pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan serta meningkatkan upaya penyelamatan hutan.

Menurutnya, Kota Dumai beberapa tahun lalu pernah tercatat sebagai salah satu daerah di Provinsi Riau penyumbang asap terbesar akibat kebakaran hutan dan lahan.

"Kebakaran hutan dan lahan harus dicegah dini karena dumai pernah mendapat rapor buruk sebagai daerah penyumbang asap, dan dengan peran masyarakat peduli api kita harap kesadaran penyelamatan hutan lebih intensif," kata Eko kepada pers kemarin.

Dijelaskan, bencana karlahut  mesti ditanggulangi terutama di kawasan gambut, dan sejumlah kelurahan dari 33 kelurahan 7 kecamatan daerah ini perlu diwaspadai karena dinilai berpotensi muncul titik api.

Keberadaan dan peran masyarakat peduli api harus terus disosialisasikan agar dapat meningkatkan kesadaran dalam melakukan pencegahan dini untuk selamatkan hutan dan lahan dari kebakaran, serta menambah ilmu wawasan.

"Kebakaran hutan ini ulah kita sendiri dan sangat berdampak buruk untuk lingkungan dan kesehatan, sehingga dengan kehadiran kelompok masyarakat peduli api dapat melakukan pencegahan secara dini," sebutnya.

Dia juga menghimbau seluruh masyarakat Kota Dumai agar tidak membakar lahan secara sembarangan, terutama pada saat musim panas karena api dikuatirkan bisa meluas.

Dengan partisipasi dan peran MPA bersama pemerintah daerah, kepolisian ,TNI dan pihak peduli lainnya diharapkan Dumai dapat mencegah titik api kebakaran hutan dan lahan.

MPA adalah upaya pemerintah dalam pengelolaan pemberdayaan masyarakat agar secara sukarela peduli terhadap pengendalian karhutla dengan pelatihan atau pembekalan serta dapat membantu kegiatan pengendalian.

(rdk/mcr)
Tags Kabut AsapKarhutlaWawako Dumai
Komentar