• Home
  • Meranti
  • Bupati Meranti Sampaikan Kuliah Umum Mahasiswa AMIK Selatpanjang

Bupati Meranti Sampaikan Kuliah Umum Mahasiswa AMIK Selatpanjang

Sawal Jumat, 21 Desember 2018 11:34 WIB
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menyamaikan Kuliah Umum bagi mahasiswa Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Selatpanjang, kegiatan dalam rangka sharing informasi dan meningkatkan optimisme mahasiswa itu, dipusatkan di Aula Kantor Bupati, Kamis 20 Desember 2018. 

Seperti dijelaskan Direktur AMIK Selatpanjang Zulfikri M.Kom, kampus yang dipimpinya masih tetap eksis diusianya Ke-15 Tahun dan diharapkan kedepan akan semakin eksis saat nantinya oleh Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti, karena telah diwacanakan dalam waktu dekat Yayasan Insani Bengkalis akan menyerahkan AMIK Selatpanjang kepada Pemda Kepulauan Meranti. 

Sejauh ini jumlah mahasiswa AMIK Selatpanjang berjumlah 800 orang yang telah bekerja di Instansi Pemerintah dan swasta, dan kedepan dalam rangka meningkatkan kualitas Kampus seiring akan dibukanya Jurusan baru Desain Komunikasi Visual yang saat ini tengah dikomunikasi dengan UGM Yogyakarta. 

Dikatakan Zulfikri AMIK Selatpanjang berencana akan meningkatkan status jenjang pendidikan menjadi SI dan menjadi Universitas atau Institut dan kedepan. Kali ini Kampus Komputer pertama di Meranti itu menggelar Kuliah umum yang mengangkat Tema Kemajuan Teknologi dan Pembangunan Ekonomi Kawasan Perbatasan. 

Yang menghadirkan pembicara Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, Mantan Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar, Ketua KPID Riau Falzan Surahman, Direktur Amik Selatpanjang Zulfikri M.Kom, dan kegiatan ini juga dihadiri oleh Dosen dan tenaga pengajar serta seratusan mahasiswa AMIK. 

Menyikapi harapan dari Direktur AMIK Selatpanjang itu terkait peningkatan status AMIK menjadi Universitas, disambut baik oleh Bupati Kepulaun Meranti Drs. H. Irwan M.Si. Bahkan diakui orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu Pemda Meranti telah berupaya memberikan perhatian yang besar untuk memajukan AMIK kedepan. 

"Jika sekarang baru ada 2 jurusan harapan saya kedepan bisa ditambah dan meningkat menjadi Institut bahkan Universitas," ujar Bupati disambut tepuk tangan meriah dari para mahasiswa. 

Diakui Bupati untuk mengembangkan AMIK Selatpanjang sejak 2 tahun yang lalu Pemkab Meranti sudah berencana membangun Gedung baru AMIK Selatpanjang, ketika itu Pemkab Meranti telah menyiapkan 2 lokasi yakni SMK 3 dan daerah Gogok Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Namun dimana nanti pastinya masih perlu dilakukan komunikasi lanjut. 

Masuk pada materi Kuliah Umum, mengawali pidatonya Bupati Kepulauan Meranti berharap mahasiswa harus punya kontrak berfikir permanen yaitu komitmen pada diri sendiri dengan membiasakan yang benar bukan membenarkan yang biasa sebagai filosofi hidup.

"Kenapa daerah kita sering kalah bersaing dengan daerah lainya karena kita selaku berfikir secara tradisional mengacu pada yang dilakukan orang dulu. Harusnya sebagai mahasiswa dalam menetapkan sesuatu pilihan harus memiliki landasan berfikir yang jelas," ucap Bupati. 

Selanjutnya Bupati memaparkan, Apa itu Era 4.0 yang juga dikenal dengan revoluasi Industri Generasi Ke-IV. Era dimana telah ditemukannya Komputer dan Internet yang membuat perubahan luar biasa pada dunia. Internet membuat manusia terpaksa berkompetisi cepat jika ingin sukses dan selamat. 

Bahkan Internet membuat semua menjadi muda, murah, efisen san cepat. Dicontohkan Bupati dengan maraknya Sosial Media orang tidak perlu lagi harus punya toko jika ingin berjualan cukup dengan memanfaatkan internet saja mulai dari berjualan hingga bertransaksi.

"Sebagai mahasiswa harus memahami dan menyikapinya dengan baik, karena bangsa yang unggul adalah bangsa yang paling cepat dengan penguasaan teknologi digital," ucapnya. 

Lebih jauh disampaikan Bupati, manusia harus bisa mengatasi berbagai tantangan kuncinya bagaimana setiap orang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi didunia dan itu hanya bisa dicapai jika individu memiliki kompetensi. 

"Individu yang kuat adalah individu yang dengan kompetensinya mampu menyesuaikan diri terhadap semua perubahan yang terjadi," ujar Bupati. 

Salah satu media untuk meningkatkan kompetensi agar SDM mampu berkompetisi dikatakan Bupati adalah Kampus AMIK Selatpanjang. Namun untuk menjadi Kampus yang bisa diandalkan AMIK harus terus mengembangkan diri mulai dari Kurikulum, Kapasitas Dosen, Kualitas Pengajaran dan Fasilitas Kampus. 

Paparan Bupati selanjutnya terkait Pembangunan Ekonomi di perbatasan, dikatakan Bupati bicara pembangunan ekonomi di perbatasan sangat erat kaitannya dengan ekonomi Indonesia dan ASEAN karena menghubungkan kerjasama antar negara. 

Seperti Meranti mempunyai hubungan dagang yang kuat dengan negara tetangga Malaysia, Singapura. Seperti yang terjadi saat ini Meranti merupakan pengekspor terbesar Sagu, Arang dan Kelapa yang menjadi komoditas besar pembentuk perekonomian Meranti. 

"Agar sukses kita harus mengetahui komunitas dan produk apa yang laku di Malaysia dan Thailand dan lainnya, barulah nanti terjadi peningkatan perekonomian Meranti," jelas Bupati. 

Sementara itu, Wan Abu Bakar dalam Kuliah Umumnya dihadapan mahasiswa AMIK, sangat setuju dengan rencana peningkatan status AMIK menjadi Universitas, alasanya untuk berkembang sebuah kampus harus memiliki banyak jurusan dan berstatus Universitas.

"Saya sangat mendukung itu karena Meranti tidak akan maju jika tidak memiliki SDM yang berkualitas dan salah satu tempat mencetaknya adalah AMIK Selatpanjang," ucap Wan. 

Senada dengan penyampaian Bupati, mantan Gubernur Riau H. Wan Abu Bakar juga mengajak mahasiswa untuk tidak lagi berfikir secara konventional tapi harus memiliki pola pikir maju dan berkembang salah satunya dengan memanfaatkan teknologi internet saat ini yang membuat segala sesuatu menjadi mudah dan efisien. 

Dan tak lupa sebagai masyarakat melayu yang agamis ia juga mengingatkan mahasiswa jangan larut pada hal yang bertentangan dengan nilai asusila. 

"Teknologi juga jangan sampai merusak nilai budaya, karena allah akan mengangkat derajat orang yang berahlak dan berilmu," ucapnya.

Mendapat giliran selanjutnya sebagai pembicara Ketua KPID Riau Falzan Surahman, menurutnya Era 4.0 disebut juga dengan Era Robotik dan Digitalisasi dimana tenaga manusia pelan pelan akan tergantikan dengan Robot dan pemanfaatan Teknologi Digital. 

"Jika ingin selamat mahasiswa harus mampu memanfaatkan teknologi digital, dan AMIK dapat menjadi penggerak untuk meningkatkan kualitas SDM menguasai Digitalisasi," ucap Falzan. 

Selanjutnya Falzan juga menyampaikan berbagai pesan pesan bernas yang mampu memotivasi mahasiswa, seperti ungkapan Hidup ini tidak ada yang pasti jadi jangan takut untuk bermimpi yang penting adalah usaha dan kerja keras. Ia juga berpesan untuk bisa sukses setiap orang harus bisa berkomunikasi dengan baik.  

Terakhir, didasari pemaparan Direktur AMIK Zulfikri M.Kom yang menjelaskan rencana pembuatan Desa Tekno Park di Sendaur dan Anak Setatah, disambut positif oleh Bupati Meranti, bahkan Pemkab. Meranti telah merencanakan pembuatan Tekno Park di Desa Sungai Tohor dengan jumlah Investasi bantuan Pemerintah Pusat sebesar 60 Miliar. 

"Disitu diintegrasikan bagaimana membangun lingkungan yang bestari. Dimana dengan teknologi Digitalisasi hasil perkebunan rakyat bisa dikembangkan, dan saya menawarkan kepada AMIK untuk menjadi motornya. Sebuah konsep baru mengembangkan potensi Gambut melalui Science Tekno Park," pungkas Bupati.

(wal/hms)
Tags AMIK SelatpanjangBupati MerantiPemkab Meranti
Komentar