• Home
  • Meranti
  • Pemkab Meranti Gandeng Polda Riau Gelar Pembinaan dan Pelatihan Psikologi

Pemkab Meranti Gandeng Polda Riau Gelar Pembinaan dan Pelatihan Psikologi

Syawal Senin, 08 Januari 2018 20:48 WIB
MERANTI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kepolisian Daerah (Polda) Riau bekerjasama melaksanakan kegiatan Program Pembinaan dan Pelatihan Psikologi bagi siswa siswi berprestasi Kabupaten Kepulauan Meranti.

Hal itu dalam rangka penerimaan calon anggota Polri TA. 2018 di Polres Kepulauan Meranti, kegiatan dibuka oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, bertempat di Aula Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (8/1/2018) kemarin.

Hadir dalam kegiatan itu, Sekdakab. Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, Wakapolres Meranti Kompol Afrizal, Ketua Tim Psikotes Masuk Polri Polda Riau AKP. Eko Pujiono, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga H. Ismail Arsyad, Kabag Sunda Polres Meranti dan sejumlah pejabat lainnya.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa siswi Meranti berprestasi tingkat SMU sederajat sebanyak 30 orang yang lulus seleksi administrasi tes masuk Polri.

Seperti dijelaskan Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti Yulian Norwis SE MM, kegiatan ini dalam rangka meningkatkan jumlah kelulusan Putra Putri Meranti dalam tes masuk Polri mulai dari Akademi Polisi, Bitara ataupun Tamtama.

"Kita ingin anak Meranti banyak yang lulus (tes Polri) jangan sampai anak Meranti tidak masuk, semoga siswa dan siswi yang ikut dapat lulus semua," ujar Sekda Meranti.

Ditambahkan Sekda, kegiatan ini sengaja digelar untuk memberikan pelatihan Psikotes dan lainnya secara gratis kepada putra putri Meranti yang berminat menjadi Polri.

"Untuk mengikuti pelatihan ini biasanya harus ke Pekanbaru yang tentunya akan menghabiskan banyak biaya, jadi untuk membantunya kita adakan di Meranti bekerjasama dengan Polda Riau," ucap Sekda.

Sekda juga berharap, agar usaha mendapatkan hasil maksimal ia juga meminta kepada putra putri Meranti yang ikut tes masuk Polri mempersiapkan diri baik fisik maupun kemampuan akademik dan yang tak kalah penting prestasi yang dimiliki baik olahraga, seni maupun Akademik.

Menyikapi terselenggaranya kegiatan itu, Wakapolres Meranti Kompol. Afrizal mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Bupati yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, yang telah mendukung kegiatan yang menjadi program Mabes Polri yang diteruskan ke Polda dan Polres yang ada di Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan program Polri untuk pelayanan masyarakat, dengan turun langsung kelapangan memberikan pembinaan kepada adik adik berprestasi agar dapat menjadi anggota Polri baik lewat jalur Sarjana, Bintara, hingga Akpol, terima kasih kepada Pemda Meranti yang telah mendukung kegiatan ini," ujar Wakapolres Meranti.

Sekedar informasi seperti dijelaskan AKP. Eko Pujiono Tim Psikotes Polda Riau kegiatan ini merupakan program Nasional yang diturunkan ke Polda dan Polres yang ada. Masing masing Polda melakukan MoU dengan Pemda setempat untuk menyelenggarakan pelatihan tes masuk Polri. 

Tujuannya Polri ingin mendapatkan SDM yang unggul yang nantinya dapat diterima menjadi anggota Polri. Meski begitu ditegaskan AKP. Eko Pujiono tes yang dilakukan tetap Independen atau tidak bisa diintervensi dimana kelulusan tergantung dari kemampuan peserta masing masing.

Dalam kegiatan ini selain dilakukan Tes Psikologi juga akan diberikan Try Out sebanyak dua kali untuk melihat perkembangan kemampuan siswa dan siswi. 

(wal/hms)
Tags Pemkab MerantiPolda RiauSekda Meranti
Komentar