Dua Wartawan Dinyatakan Tidak Lulus UKW

Sabtu, 21 Mei 2016 21:20 WIB
PEKANBARU - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-6 kelompok utama, madya dan muda ditutup Ketua Bidang Pembinaan Daerah, PWI Riau, Atal S Defari Sabtu (21/5/16) di Mess Pemda Kuansing di Pekanbaru. 

Dari 38 peserta yang diuji, dua wartawan dinyatakan belum kompeten. 

Ketua Bidang Pembinaan Daerah, PWI Riau, Atal S Defari mengatakan, forum UKW jangan dilihat hubungan antara penguji dan yang diuji, tapi proses transfer pengalaman, ada pengujii yang pernah liputan di Amerika. 

Dari hal yang kecil, bisa membuat tulisan yang hebat, apa yang perlu dipahami pimpinan redaksi, ilmu terus diupgrade, regulasi yang membuat media sangat mudah, setiap orang berkesempatan menjadi pemred. 

Yang belum kompeten diminta Atal S Defari jangan berkecil hati, karena pengujian kedepan, akan dilihat lagi perkembangannya. 

Ketua Tim Penguji, Jayanto mengumumkan, dari 38 peserta yang mengikuti, yang kompeten ada dua wartawan. "Jika ada satu mata uji yang belum kompeten, mengulang semuanya," katanya. 

Salah seorang peserta UKW, Luzi Diamanda dalam kesannya mengatakan, selama dua hari bersama tim penguji, wartawan menyadari, karir jurnalistik, ada hal-hal yang luput, seorang wartawan, ketika diuji kadang melupakan titik, koma, redaktur, Redpel juga masih ada kekurangan.

"Ternyata UKW memang penting, tidak gampang menjadi seorang wartawan, bisa diuji dengan UKW," katanya. 

Ketua PWI Riau, H Dheni Kurnia diwakili Wakil Ketua Bidang Organisasi, Tun Ahyar dalam sambutannya mengatakan, sangat menyadari, banyak sekali kekurangan dalam pelaksanaan dalam dua hari, karena kondisi dan situasi yang membuat demikian. 

PWI Provinsi Riau sangat berharap, kondisi kedepannya akan lebih baik lagi. Kepada peserta, kelompok utama, madya dan muda, apapun hasilnya, menunjukkan kompetensi seorang wartawan. 

"Kawan daerah, berita yang dikirim keredaksi, harus di press clear, selama ini perlu diedit lagi, dari UKW, akan merasakan sendiri, kenapa harus dilihat kompetensi seorang wartawan. Setelah UKW, kualitas media akan lebh baik lagi," harap Tun. 

UKW akan dilaksanakan lagi bulan Nopember, karena minta peserta sangat banyak, ada 70 wartawan yang mau ikut, tapi yang bisa mengikuti hanya 38 wartawan.

(rdk/rtc)
Tags UKW
Komentar