• Home
  • Politik
  • Cawako Eko Suharjo Absen dari Debat Publik Pilkada Dumai

Cawako Eko Suharjo Absen dari Debat Publik Pilkada Dumai

Hadi Pramono Kamis, 12 November 2020 19:56 WIB
DUMAI - Komisioner KPU Dumai, Parno mengatakan bahwa calon walikota Dumai nomor urut 2, Eko Suharjo telah mengirimkan surat ke KPU bahwa berhalangan hadir saat debat kandidat dikarenakan sakit.

Sebagaimana diketahui Eko Suharjo terkonfirmasi Covid-19. Selama melakukan perawatan Eko Suharjo tidak bisa melakukan kegiatan kampanye Pilkada. 

"Paslon nomor urut dua, Eko Suharjo telah mengirimkan surat sakit. Yang bersangkutan tak bisa mengikuti debat kandidat. Yang menyampaikan surat izin sakit satu orang yakni calon walikotanya," kata Parno, Kamis (12/11/20).

Sementara debat kandidat dihadiri calon Wakil Walikota Dumai nomor urut 2, yaitu Syarifah. Kata Parno, tidak ada mengkonfirmasi ketidakhadiran. Artinya debat tetap berlangsung dengan hanya dihadiri calon wakil walikota Dumai.

"Kita tak bisa berandai-andai sejauh ini jika nantinya calon wakilnya juga tak hadir. Karena sejauh ini kita berkoordinasi dengan LO nya, mereka memastikan bahwa wakilnya hadir," cakapnya.

Parno menerangkan, KPU membatasi jumlah undangan yang hadir pada kegiatan debat. KPU hanya mengundang setiap paslon, dua orang perwakilan Bawaslu dan empat orang tim kampanye pasangan calon, serta 7 atau 5 orang angota KPU provinsi, atau lima orang anggota KPU kabupaten/kota.  

"Untuk massa pendukung tidak akan diizinkan masuk ke tempat debat kandidat, karena memang saat debat kandidat hanya tamu undangan saja diperbolehkan masuk," jelasnya.

Parno menambahkan bahwa persiapan debat sendiri saat ini sudah matang dan akan diselenggarakan. "Persiapan sudah matang dan tinggal memulainya saja ini," ucapnya singkat.

Sebagai data pendukung, Pilkada Kota Dumai diikuti 4 Paslon. Yakni Hendri Sandra - Rizal Akbar, Eko Suharjo - Syarifah, Paisal - Amris, dan Edi Sepen - Zainal Abidin. Saat ini, Eko Suharjo saat ini diketahui tengah terjangkit virus Covid-19.

Kemudian debat kandidat dilaksanakan KPU Dumai di salah satu hotel di Kota Dumai. Debat kandidat disiarkan secara live di RTV, DMJ Channel 38, Dumai Vision, RRI, Radio Basvera FM, IG KPU Dumai, Facebook PPID KPU Dumai dan akun YouTube PPID KPU Kota Dumai.
Tags Debat KandidatEko SuharjoKPU DumaiPilkada DumaiVirus CoronaVirus Covid-19Virus Covid 19
Komentar