• Home
  • Politik
  • PAN Restui Bupati Siak Syamsuar Maju Pilgubri 2018

PAN Restui Bupati Siak Syamsuar Maju Pilgubri 2018

Hadi Pramono Jumat, 27 Oktober 2017 20:44 WIB
PAN dukung Syamsuar sebagai bakal calon Gubernur Riau. ©2017 Merdeka.com
PEKANBARU - Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional memberikan restu kepada Bupati Siak Syamsuar untuk bertarung sebagai bakal calon Gubernur Riau di Pemilihan Gubernur tahun depan. Syamsuar belum menentukan siapa pendampingnya sebagai bakal calon wakil gubernur.

Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir secara resmi menyerahkan surat rekomendasi dari DPP PAN kepada Syamsuar di Rumah PAN di Pekanbaru, Jumat (27/10). 

Dalam surat rekomendasi tersebut, Syamsuar diminta mencari dukungan koalisi dari partai politik lain agar memenuhi persyaratan maju di Pilgub Riau.

Selain itu, Syamsuar juga diminta melakukan komunikasi intensif dengan kader PAN di Riau maupun kabupaten/kota untuk menggerakkan dan membuat program pemenangan Pilkada Riau.

"Ini dukungan ketiga kalinya kita kepada pak Syamsuar, dua kali berturut-turut dalam pemilihan Bupati dan kali ini kami mempercayakan lagi untuk maju sebagai calon Gubernur Riau," ujar Ketua DPW PAN Riau, Irwan Nasir.

Syamsuar merupakan Ketua DPD Golkar Siak. PAN tak masalah meski mencalonkan kader partai lain. 

Irwan menyebut Syamsuar dianggap telah membesarkan Partai PAN sebagai pertimbangan menetapkan pilihan, konstribusi nyata salah-satunya telah membangun Rumah PAN yang megah di Kabupaten Siak.

"Kami menyebut Pak Syamsuar juga merupakan kader PAN. Karena turut berkontribusi dalam membesarkan partai," kata Irwan.

"Jika terpilihnya Pak Syamsuar menjadi Gubernur. Maka nanti, Wakil Bupati Siak yang merupakan Ketua DPC PAN Siak Alfredi akan maju menjadi Bupati Siak, tentu langkah memilih pak Syamsuar sangatlah tepat," sambungnya.

Irwan yang merupakan Bupati Kepulauan Meranti mengimbau seluruh kader PAN yang ada di Provinsi Riau ataupun kabupaten/kota untuk membulatkan suara menjadi tim sukses Balon Gubernur yang didukung.

Syamsuar pede, visi dan programnya memajukan Riau akan mengantarkannya menjadi orang nomor satu di provinsi tersebut. 

Saat ini, Syamsuar juga intens melakukan komunikasi politik dengan partai lain. Sebab, PAN hanya memiliki tujuh kursi dan perlu enam kursi lagi untuk mencukupi persyaratan Pilkada.

"Partai koalisi sekarang sedang kami lakukan komunikasi, sementara Wakil (Balon Wakil Gubernur) belum bisa saya menyampaikan," kata Syamsuar.

Selaku kader Golkar, hingga kini, belum ada teguran pengurus pusat partai terkait dirinya yang siap maju meski menggunakan perahu lain.

"Sampai saat ini tidak hanya kami sendiri yang ingin maju. Ada Harris-Yopi juga maju. Dan sampai saat ini belum ada teguran dari DPP Golkar," ujar Syamsuar.

Sekedar diketahui, Bupati Pelalawan HM Harris berpasangan dengan Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto, sudah resmi mendapat restu dari PDI Perjuangan. 

Sedangkan Partai Golkar merestui Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman sebagai petahana yang akan maju kembali. "Bersaing bukan melawan, bersaing secara sehat dengan mengajukan program Riau yang terbaik di masa akan datang," kata Syamsuar.‎

(mdk/mdk)
Tags Bupati SiakPartai PANPilgubri
Komentar