• Home
  • Sosial
  • MUI Dumai Imbau Umat Muslim Salat Gerhana Jika Terjadi

MUI Dumai Imbau Umat Muslim Salat Gerhana Jika Terjadi

Hadi Pramono Selasa, 30 Januari 2018 18:23 WIB
DUMAI - Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Dumai mengaku belum memberi imbauan secara resmi kepada umat muslim di Kota Dumai terkait salat gerhana.

MUI Kota Dumai masih menanti hingga, Selasa (30/1/2018) petang. Mereka mengimbau umat muslim salat gerhana bila melihat langsung fenomena ini secara kasat mata.

Pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gerhana bulan total terjadi akhir bulan ini.

Fenomena ini terkenal dengan sebutan Blue Blood Moon. Gerhana kali ini bertepatan dengan fenomena Supermoon dan Blue Moon.

"Nanti kita lihat kondisi bulan pada saat Maghrib. Bila tidak tampak secara jelas, maka tidak disunahkan untuk salat gerhana," terang Ketua MUI Dumai, Zakaria dikutip dari Tribun Pekanbaru, Selasa (30/1/2018).

Menurutnya, pada malam ini sudah memasuki 15 Jumadil Awal 1439 H. Ia menyebut umat muslim disunahkan untuk salat gerhana bila melihat secara jelas fenomena alam tersebut.

Mereka disunahkan untuk shalat saat melihat bagian bulan mengalami gerhana separuh atau total.

Zakaria menyebut saat bulan tidak terlihat gerhana pada Maghrib ini. Mereka tidak disunahkan untuk salat gerhana. Ia menyebut tidak disunahkan salat gerhana saat sudah lewat fenomena itu.

"Kami sudah jelaskan kepada masyarakat. Bila Maghrib ini terlihat fenomena gerhana, maka kita imbau untuk salat gerhana," terangnya.

(zik/zik)
Tags Gerhana MatahariMUI
Komentar