• Home
  • Sosial
  • Pekanbaru Bakal Jadi Model Program Cinta Zakat

Pekanbaru Bakal Jadi Model Program Cinta Zakat

Cakaplah.com Senin, 22 Maret 2021 10:58 WIB
PEKANBARU - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia (RI) menilai Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sangat bagus dalam mengelola zakat profesi pengawas negeri Sipil (PNS).

"Sekitar dua pekan lalu, saya menerima ketua Baznas, sekretaris dan bendahara. Beliau menjadikan Pekanbaru sebagai model untuk gerakan di bulan Ramadan yaitu Cinta Zakat," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Senin (22/3/2021).

Kata Walikota, Pekanbaru dijadikan model lantaran keberanian kepala daerah untuk mengambil sebuah kebijakan. Laporan yang sampai ke Baznas RI bahwa Pekanbaru bagus dalam pengelolaan zakat.

"Pengelolaan itu adalah pada zakat profesi bagi para PNS Pemko Pekanbaru. Ada gerakan menolak pada awalnya," ungkap Walikota.

Lanjutnya, mengambil contoh pengumpulan zakat prosesi dari Pemko Pekanbaru, maka Baznas RI akan memulai Program Cinta Zakat. "Program ini akan dimulai pada bulan Ramadan dengan payung hukumnya Peraturan Presiden (Perpres)," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas RI Noor Achmad menemui Walikota Pekanbaru Firdaus di Gedung Utama Kompleks Perkantoran Tenayan Raya, pada 8 Maret lalu. Ia menilai pengumpulan zakat cukup baik karena ada sinergi dengan Pemko Pekanbaru.

"Pengumpulan zakat bagi para ASN tidak ada sistem pemaksaan. Sebagai kepala daerah, tugas saya hanya menyosialisasikan dan mengingatkan kewajiban zakat," jelasnya.
Tags Basnaz PekanbaruBaznasPNSPekanbaruWalikota PekanbaruZakatZakat PNS
Komentar