• Home
  • Sosial
  • Pemprov Riau Bakal Optimalkan Pelayanan Medis 24 Jam

Pemprov Riau Bakal Optimalkan Pelayanan Medis 24 Jam

Jumat, 30 Januari 2015 14:28 WIB
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau berencana menerapkan pelayanan medis 24 jam yang dinilai belum berjalan maksimal. 

Ini disebabkan beberapa faktor, seperti belum terpenuhinya tenaga medis penunjang optimalisasi program tersebut

Kendati demikian Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Zainal Arifin menegaskan akan merevisi hal tersebut. Ia menilai proses itu secara bertahap akan dibenahi.

Solusi untuk permasalahan tersebut dengan melakukan pembenahan bersinergi dengan komitmen optimalisasi pelayanan medis bersinergi dengan komitmen Plt Gubernur Riau. 

Nantinya diharapkan, Provinsi Riau menjadi percontohan dalam pelayanan medis 24 jam yang pertama di Indonesia.

"Bertahaplah, kendala utama yang kita alami adalah kekurangan tenaga medis di daerah. Itu yang sedang kita upayakan dengan merekrut 408 PTT tenaga medis. Nantinya mereka yang akan ditugaskan di seluruh kabupaten/kota se Riau," terang  Zainal

Ia menerangkan, proses tersebut sudah mulai dipersiapkan. Dimana, sistem seleksi sudah mengacu pada ketentuan yang berlaku, begitu juga mekanismenya dilaksanakan dengan sistem CAT seperti seleksi CPNS.

Disinggung mengenai proses seleksi tersebut, ia menerangkan, hal itu tinggal menunggu persetujuan Plt Gubernur Riau. 

"Tahun ini puskesmas 24 jam itu sudah bisa diterapkan. Tentunya kita juga mengharapkan dukungan seluruh pihak dalam membenahi kekurangan yang masih ditemukan," urainya.

Di tempat berbeda Ketua Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau, Masnur menilai, penerapan puskesmas 24 jam yang didengungkan Pemerintah Provinsi Riau harus dapat direalisasikan. Pasalnya, hal tersebut disosialisasikan ke seluruh kabupaten/kota se Riau.

Begitu juga untuk kendala teknis yang masih ditemukan, Politisi Golkar tersebut berharap segera dicarikan solusi. Sehingga permasalahan pelayanan medis yang kerap dikeluhkan dapat terjawab. 

"Mudah-mudahan kedepan pelayanan medis 24 jam itu dapat segera dilaksanakan. Karena itu bersentuhan langsung dengan masyarakat," demikian pejelasan yang disampaikan Masnur. 

(wil/wil)
Tags Sosial
Komentar