• Home
  • Traveler
  • Wisatawan Luar Daerah Padati Taman Kota Pekanbaru

Wisatawan Luar Daerah Padati Taman Kota Pekanbaru

Jumat, 02 Januari 2015 23:17 WIB
PEKANBARU : Taman Kota Pekanbaru yang berada di jantung keramaian Ibu Kota Provinsi Riau tampak ramai pengunjung yang rata-rata merupakan pendatang dari luar daerah.

"Kepadatan pengunjung sudah berlangsung sejak kemarin," kata Anto (34), petugas kebersihan taman kota yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Jumat siang.

Hasil pantauan, terlihat ratusan pengunjung taman kota dari berbagai kalangan tersebut bersantai di lokasi taman, sebagian terlihat sambil berolahraga.

Puluhan pengunjung berumur 40 tahun ke atas juga beriring, berjalan di atas susunan batu kerikil sebagai upaya penyembuhan penyakit rematik.

Sedangkan puluhan balita tampak ceria, bermain bersama di sejumlah tempat bermain yang tersedia di taman kota berlokasi tepat di samping Hotel Aryaduta itu.

Pasangan remaja justru mencari lokasi cukup sepi, menghindari keramaian untuk menghabiskan waktu di taman seluas lebih satu hektare itu.

Sejumlah pedagang membuka lapak dan memarkirkan gerobak dagangan di sepanjang jalan dekat pintu masuk utama. Kendaraan roda dua dan empat berjejer di lokasi jalan yang sama, mengintari setengah lokasi taman kota tersebut.

"Tadi pagi sekitar jam 07.00 sampai jam 09.00 WIB lebih ramai dari siang ini. Tapi biasanya, paling ramai pengunjung adalah sore hari, sekitar jam 16.00 hingga jelang magrib," kata Sonny (35), petugas parkir taman kota.

Julianto (46), warga Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan mengatakan sengaja datang ke taman kota bersama dua anak dan seorang isteri untuk menghabiskan waktu libur.

"Saya di Pekanbaru sejak sehari sebelum tahun baru. Menginap di hotel dan berjalan-jalan di sejumlah lokasi wisata dan mal," katanya.

Sementara Desi Purwanti (28), pegawai negeri sipil yang bertugas di Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, mengaku dirinya baru sampai di Pekanbaru malam hari dan datang ke taman kota untuk memanjalan seorang anaknya.

"Kebetulan saya menginap di hotel yang berada di sebelah taman kota ini. Saya lihat di sini lokasinya nyaman, saya kemudian datang bermain bersama anak," katanya.

Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau saat ini memiliki dua lokasi taman kota yang berada tepat di jantung kota. Selain Taman Kota di jalan Dipoenogor, juga ada lokasi wisata yang sama di Jalan Cut Nyak Dien.

Dua lokasi ini selalu padat pengunjung, terutama saat liburan akhir pekan dan saat perayaan hari-hari besar seperti Natal dan Tahun Baru.

Namun disayangkan, dua lokasi ini masih sangat minim penerangan, sehingga ketika malam terlihat gelap gulita. Kondisi ini kemudian dimanfaatkan sebagian remaja untuk melakukan hal-hal terlarang seperti berbuat mesum di lokasi itu.***(ant)
Tags
Komentar