• Home
  • Hukrim
  • Polda Riau Dalami Kasus Penemuan 18,8 Kilogram Sabu di Bengkalis

Polda Riau Dalami Kasus Penemuan 18,8 Kilogram Sabu di Bengkalis

Riau Terkini Senin, 15 Juli 2019 13:52 WIB
PEKANBARU - Warga Bengkalis temukan diduga narkoba sebanyak 18,8 kilogram yang diletakkan oleh pelaku di Jalan kelapapati Darat, atau di depan SDN 11 Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

Spontan hasil temuan warga itu mendapat respon dan pengembangan dari Polda Riau, dengan dilakukan penyelidikan terkait temuan narkoba tersebut. Demikian disampaikan Dirnarkoba Polda Riau Kombes Pol Suhirman.

"Saat ini kami tengah melakukan penyelidikan terhadap temuan narkoba dalam jumlah besar yang ditemukan warga di Kabupaten Bengkalis beberapa hari lalu. Tak main-main, beratnya mencapai 18,8 kilogram," katanya, Senin (15/7). 

Sebelumnya kasus serupa juga sempat terjadi dan cukup menghebohkan warga bengkalis. Bagaimana tidak, narkoba senilai miliaran rupiah yang dimasukkan dalam tas koper dibuang begitu saja oleh pelaku di wilayah Bengkalis. 

"Kedua kasus tersebut kita masih lakukan pendalaman, siapa pemilik, asal usul, pambawa serta arah tujuannya. Sebab, jumlahnya ini cukup banyak dan sangat membahayakan masyarakat," kata Suhirman, kepada wartawan.

Dijelaskan Suhirman barang bukti sabu tersebut identik dengan barang bukti hasil tangkapan sebelumnya. Yakni dikemas menggunakan teh China berwarna hijau. "Identik, kita perkirakan masih berasal dari tempat yang sama yakni Tiongkok," paparnya. 

Sementara, Wadirnarkoba Polda Riau, AKBP Andri Sudarmadi menyebutkan bahwa fenomena pembuangan narkoba tersebut bukanlah modus dalam penyelundupan barang haram tersebut.  

"Saya rasa bukan modus karena barang itu pasti punya nilai bagi mereka yang berkepentingan. Artinya mereka tidak sembarangan meninggalkan di tempat yang tidak terjangkau dari jaringan mereka. Yang pasti kita terus dalami," jelasnya.

Penjual Kue Temuakan Narkoba Belasan Kilogram

Sebagai data tambahan, barang bukti narkoba berada dalam tas plastik warna biru dan dikemas dalam 16 (enam belas) bungkus diduga jenis sabu dan diperkirakan masing-masing bungkus seberat 1 kilogram (Kg) atau total berat kotor kurang lebih 18.8 Kg. 

Kapolres Bengkalis AKBP Yusup Rahmanto, membenarkan adanya laporan warga terkait temuan narkoba. Lalu pihaknya langsung melakukan upaya pemeriksaan terhadap sejumlah saksi-saksi termasuk penemu barang haram itu.

"Barang bukti itu sudah kita sita, dan diuji ke Labkrim di Medan. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan, dan pelaku atau pemilik masih dalam penyelidikan," ungkap AKP Syahrizal, kepada wartawan, Sabtu (13/7/19) malam. 

Berikut kronologi penemuan barang haram diduga sabu belasan kilogram oleh seorang pedagang. Pada, Sabtu (13/7/19) sekitar pukul 16.15 WIB seorang laki-laki yang mengaku bernama LN menelepon anggota Sat Reskrim Polres Bengkalis.

Penemu memberikan informasi bahwa telah menemukan sebuah tas plastik warna biru bergambar boneka panda berada di warung tempat  LN berjualan kue.  

Kemudian anggota Sat Reskrim mendatangi tempat yang dilaporka  LN dan benar melihat sebuah tas berwarna biru mencurigakan yang terletak di lantai warung LN. 

Kemudian segera melaporkan kepada Satres Narkoba Polres Bengkalis dan selanjutnya Tim Opsnal Satres Narkoba mendatangi TKP. Tiba di TKP tim langsung melakukan penyelidikan dan dengan cara melakukan pengintaian untuk menunggu pemilik tas tersebut. 

Enam Jam Polisi Intai Pemilik 

Setelah enam jam melakukan pengintaian di TKP, tidak ditemukan pemilik dari tas berisi diduga Narkoba jenis sabu itu. Selanjutnya tim melakukan olah TKP dan memanggil saksi-saksi serta Ketua RT setempat untuk dimintai keterangan. 

Kemudian barang bukti dibawa dan diamankan di Mapolres Bengkalis guna penyelidikan lebih lanjut.

[Riau Terkini]
Tags NarkobaPolda RiauPolres Bengkalis
Komentar