• Home
  • Hukrim
  • Polres Bengkalis Bebaskan Tiga Tersangka karena Tak Terbukti Aksi Penikaman

Polres Bengkalis Bebaskan Tiga Tersangka karena Tak Terbukti Aksi Penikaman

Rony Pratama Senin, 06 Agustus 2018 20:59 WIB
BENGKALIS - Sebelumnya diamankan empat terduga bersalah terkait penikaman maut Senin (16/7/18) lalu dan menyebabkan tewasnya seorang warga Gang Senyum, Desa Kelapapati, Kecamatan Bengkalis Zulas Mawi (20) pada Jum'at (3/8/18) lalu, Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis membebaskan tiga terduga dan memastikan hanya menahan satu tersangka, pelaku utama Ma alias Bedoy (25). 

Tiga terduga yang sempat diamankan diyakini turut terlibat membantu melarikan diri tersangka Bedoy dan dibebaskan, yaitu Ai (30), MD (20) dan M alias Bojal. Pembebasan ketiga terduga ini menurut polisi karena tidak memenuhi unsur dan ketiga terduga masih berhubungan darah atau keluarga dengan pelaku utama. 

"Karena tidak memenuhi unsur ketiga terduga ini dibebaskan," ungkap Wakil Kepala Polres Bengkalis, Kompol Ade Zamrah kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Senin (6/8/18). 

Sedangkan Ma alias Bedoy dituduh sebagai pelaku utama penikaman, resmi ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 

Bedoy warga Desa Pangkalan Batang, Kecamatan Bengkalis ini dituduh bersalah merencanakan melakukan penganiayaan hingga menyebabkan menghilangnya nyawa orang lain dengan ancaman Pasal 351 ayat (4) Jo Pasal 338 Jo Pasal 340 KUHPidana, penjara maksimal seumur hidup. 

Dari penyidikan petugas, bahwa kasus penikaman dilakukan tersangka bermotif dendam. Pada 13 Juli 1018 lalu, adik pelaku sempat berkelahi dengan korban. Karena merasa tidak terima, sebagai abang, Bedoy melampiaskan dendam kepada korban. 

Selain dari kasus penganiayaan ini, petugas juga akan mendalami keterlibatan tersangka terhadap perkara lainnya, dugaan penyalahgunaan Narkoba. 

Diberitakan sebelumnya, Bedoy ditangkap petugas gabungan Reskrim Polres Bengkalis dibackup Tim Jatanras Polda Riau dipimpin Kompol Taufik Hidayat Tayeb dan Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Andrie Setiawan, sedang berada di salah satu rumah warga di Desa Bantan Air, Kecamatan Bantan, Jum'at (3/8/18) lalu. 

Setelah berhasil dilumpuhkan, pelaku mengakui bahwa telah melakukan pembunuhan terhadap korban Zulas Mawi. 

Pada saat penangkapan tersebut, polisi juga mengamankan dua orang yang diduga turut membantu pelaku dalam melarikan diri, yaitu Ai dan Md. 

Dibekuknya penikam maut ini, aparat juga menyita sejumlah barang bukti diantaranya sebilah pisau lipat warna silver panjang 50 cm diduga untuk 'menghabisi' korban, dua buah topi dan termasuk satu unit sepeda motor  

Keberadaan Bedoy terungkap dan berhasil diamankan setelah Kamis (2/8/18) sekitar pukul 03.00 WIB melakukan penggerebekan di Jalan Utama Pangkalan Batang Gg. Mesjid dan melakukan penangkapan terhadap tersangka M alias Bojal. 

M kemudian dibawa ke Polres Bengkalis dan dilakukan introgasi tentang keberadaan pelaku Bedoy. Setelah dilakukan introgasi tersebut Jum'at dinihari, tim ke lokasi yang ditunjuk M di Desa Bantan Air.

(rdk/rtc)
Tags Polres Bengkalis
Komentar