• Home
  • Hukrim
  • Polres Dumai Siapkan Sembilan Pleton Personel Amankan Pilgubri 2018

Polres Dumai Siapkan Sembilan Pleton Personel Amankan Pilgubri 2018

Hadi Pramono Sabtu, 06 Januari 2018 15:13 WIB
DUMAI - Kepolisian Resor Dumai siapkan sembilan pleton personel dari sejumlah satuan untuk pengamanan dan mengantisipasi gangguan keamanan atau pelanggaran pidana selama pelaksanaan pemilu Gubernur Riau (Pilgubri) 2018.

Wakil Kapolres Dumai Kompol Dhana Ananda Syahputra mengatakan, dalam rangka pemilu kepala daerah ini akan padat kegiatan dan membutuhkan pengamanan cukup banyak, karena ada resiko situasi keamanan dan ketertiban terganggu.

"Memasuki tahun 2018 ini, agenda  pemilihan gubernur di depan mata dan polri akan melaksanakan kegiatan pengamanan untuk mengantisipasi terjadi gangguan keamanan dan resiko lainnya," kata Kompol Dhana saat memimpin upacara gelar pasukan Operasi Mantab Praja Muara Takus 2018, Jumat.

Dijelaskan, upacara gelar pasukan untuk memastikan kesiap-siagaan sarana prasarana, personel polisi dan dibantu gabungan dari unsur TNI, Denpom TNI, Satpol PP, PNS dan anggota Linmas Pemerintah Kota Dumai.

Pengamanan pemilu gubernur dimulai pada tahapan kampanye, minggu tenang, pemungutan suara, penghitungan suara, penetapan pemenang sampai pelantikan kepala daerah terpilih.

Terhadap potensi gangguan keamanan itu, lanjutnya, perlu ada antisipasi dan menentukan cara bertindak tepat untuk mengatasi persoalan kriminalitas yang bisa saja terjadi di Kota Dumai dan Provinsi Ria, sehingga perlu dukungan semua pihak.

"Kita berharap dukungan semua pihak untuk saling bekerjasama dan bersinergi dalam menghadapi potensi kerawanan dan dinamika sosial akan terjadi," sebutnya seperti dikutip dari Antara Riau.

Potensi kerawanan tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi selama berlangsung helat pemilu sekali lima tahunan tersebut, baik berupa pidana maupun pelanggaran kampanye tidak sesuai jadwal, teror, sabotase, intimidasi, penggelembungan suara, pengrusakan fasilitas kotak suara dan lainnya.

Dia juga mengapresiasi seluruh jajaran TNI dan instansi terkait karena telah maksimal mendukung dan memberikan bantuan perkuatan dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu gubernur 2018 nanti.

"Ini adalah wujud kebersamaan dan pengabdian kita kepada negara dan seluruh rakyat, khususnya masyarakat provinsi riau," demikian wakapolres. 

(zik/zik)

Tags PikadaPilgubriPolres Dumai
Komentar