• Home
  • Hukrim
  • Polres Dumai Tangkap Dua Warga Pekanbaru Terlibat Pencurian

Polres Dumai Tangkap Dua Warga Pekanbaru Terlibat Pencurian

Hadi Pramono Rabu, 24 Januari 2018 17:05 WIB
Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan didampingi Kasat Reskrim AKP Awaludin Syam menunjukkan barang bukti berupa uang kejahatan dari dua tersangka warga Pekanbaru. @ Sarwadi
DUMAI - Kerja keras dalam pengungkapan kasus tindak pidana pencurian dengan modus penggembosan ban mobil yang dilakukan aparat kepolisian di Kota Dumai patut diacungi jempol.

Tidak butuh waktu lama, Satuan Reserse Kriminal Polres Dumai berhasil menangkap dua tersangka di Kota Pekanbaru dengan lokasi berbeda. Dua tersangka itu bernisial WH (46) dan RU (34) warga Kota Pekanbaru.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan kepada riauheadline.com, Rabu (24/1/18) mengatakan, penangkapan pertama dilakukan terhadap tersangka WH, warga Kelurahan Kedung Sari, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru.

Dari pengembagan itu, Tim yang dipimpin Kasat Reskrim Polres Dumai AKP Awaludin Syam, berhasil menangkap tersangka RU, warga Jalan Sidomulyo, Kelurahan Padang Bulan, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

"Penangkapan kedua tersangka ini berkat kerjasama kita dengan Unit Jatanras Polda Riau. Sebenarnya masih ada tiga orang tersangka lagi yang belum kita tangkap dan masih pengejaran petugas," kata Restika P Nainggolan.

Adapun tiga tersangka itu berinisial FN, warga Kota Pekanbaru serta KL dan BD warga Palembang Provinsi Sumatra Utara. Semua tersangka yang dalam pengejaran itu sesuai hasil keterangkan dua pelaku yang sudah diamankan.

"Kedua tersangka WH dan RU kita amankan di rumahnya masing-masing. Petugas kita juga berhasil mengamankan sejumlah uang Rp105 juta. Uang hasil kejahatan ditransfer tersangka ke rekening istri masing-masing," jelasnya.

Restika menjelaskan, sebenarnya Kota Dumai ini tidak masuk target operasi tersangka. Operasi kejahatan mereka ini sebenarnya di Kecamatan Bagan Batu, Kabupaten Rokan Hilir. "Di sana tidak dapat mangsa, makanya mereka ke Dumai," tuturnya.

Kelompok tindak pidana pencurian ini memiliki peran berbeda-beda dalam menjalankan aksinya. Kata dia, tersangka WH berperan sebagai pengintai korbannya di bank dan RU bertugas sebagai penggembosan ban mobil korban.

"Kedua tersangka berhasil menjalankan tugasnya, muncul tiga tersangka yang saat ini masih kita kejar sebagai pemetik atau pengambil uang korbannya yang berada di dalam mobil tersebut," kata mantan Kapolres Siak ini.

Berhasil menjalankan aksinya, lanjutnya, masing-masing tersangka langsung membagi hasil kejahatan sama rata. Usai membagi uang hasil kejahatan, masing-masing tersangka berpisah menuju rumahnya.

Sebagai data pendukung, dua warga Dumai yang mengendari mobil Pajero Sport mengalami nasib sial. Uang tuna yang baru saja diambil dari Bank sebanyak Rp465 juta lesap digondol pencuri dengan modul gembos ban.

(zik/zik)
Tags PencurianPerampokanPolres Dumai
Komentar