• Home
  • Kesehatan
  • Lebih 26.500 Pekerja PHR WK Rokan Menerima Vaksin COVID-19

Lebih 26.500 Pekerja PHR WK Rokan Menerima Vaksin COVID-19

Wili Hidayat Minggu, 10 Oktober 2021 13:16 WIB
RIAUHEADLINE.COM - Ribuan pekerja dan anggota keluarga di PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang berada di Wilayah Kerja Rokan telah mengikuti program vaksinasi.

Adapun totalnya lebih dari 26.500 pekerja dan anggota keluarga PHR di WK Rokan. Pencapaian ini mendukung upaya menciptakan herd immunity di lingkungan Perusahaan dan masyarakat.

Saat ini tingkat penularan (positivity rate) COVID-19 di antara pekerja PHR WK Rokan berada di bawah ambang batas yang di tetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO), yakni di bawah lima persen.

"Inilah wujud kontribusi para pekerja kami untuk mendukung upaya pemerintah dalam menciptakan kekebalan komunal melalui program vaksinasi," kata VP Corporate Affairs PHR WK Rokan, Sukamto.

Menurutnya, kontribusi itu juga selaras dengan komitmen Pertamina Hulu Rokan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat selama mengelola Blok Rokan.

Selain dukungan kesadaran pribadi para pekerja dan anggota keluarganya, lanjut Sukamto, tinginya partisipasi program vaksinasi di WK Rokan juga di dorong kebijakan perusahaan.

"Kita terus melaksanakan sosialisasi pentingnya vaksinasi dan mewajibkan vaksinasi sebagai syarat memasuki fasilitas kerja di WK Rokan," kata Sukamto, dari keterangan resminya.

Partisipasi pekerja dan anggota keluarga di lakukan melalui program vaksinasi publik, kerja sama dengan instansi lain, dan Vaksinasi Gotong-Royong (VGR).

Alokasi VGR yang di peroleh PHR WK Rokan dalam dua bulan terakhir sangat membantu peningkatan angka partisipasi.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan pemerintah melalui alokasi VGR tersebut. Hal itu sangat membantu untuk menekan laju penularan,” ungkap Sukamto.

Hampir Seluruh Pekerja PHR WK Rokan Menerima Vaksinasi

Saat ini hampir seluruh pekerja di WK Rokan sudah menerima vaksi dosis pertama. Selaras dengan nilai-nilai Perusahaan, PHR WK Rokan berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kesehatan para pekerjanya.

PHR WK Rokan mengaktifkan sebuah gugus tugas untuk pencegahan dan penanganan COVID-19 di lingkungan Perusahaan. Tugas utamanya adalah melindungi keselamatan dan kesehatan seluruh pekerja.

"Dengan tetap menjaga keberlangsungan operasi hulu migas yang vital bagi negara. Strategi kunci di jalankan adalah memiminalkan potensi paparan dan manajemen kasus yang baik jika ada yang terpapar," jelasnya.

Penerapan safeguard yang berlapis-lapis secara disiplin mulai dari penerapan protokol 5M dan 3T. Sistem penapisan yang ketat dan program kompartementalisasi untuk fasilitas kritikal mampu meminimalisasi dampak terhadap kesehatan Pekerja, dengan tetap menjaga keberlangsungan operasi.

PHR WK Rokan juga memanfaatkan teknologi digital untuk memudahkan sistem pemantauan. Dan menjaga tingkat kepatuhan pekerja terhadap aturan dan prosedur internal untuk meminimalisasi potensi penyebaran virus.

Beberapa aplikasi di gunakan antara lain penapisan akses (access screening) masuk ke fasilitas perusahaan; pembatasan perjalanan pribadi dan dinas; pemantauan perkembangan kasus; penjadwalan tes berkala; pemantauan kesehatan pekerja secara jarak jauh; hingga analisis pelacakan kontak (contact tracing).

"Kami sangat bangga dengan komitmen seluruh pekerja untuk senantiasa menjaga kedisipinan terhadap protokol kesehatan. Dan tetap produktif meski di tengah pandemi,” pungkas Sukamto.

Sektor migas merupakan salah satu sektor vital bagi negara. WK Rokan merupakan tulang punggung produksi minyak mentah nasional sehingga kelancaran operasinya turut mendukung pemenuhan ketahanan energi nasional.

Sumber: Menit.co.id
Editor    : Wili Hidayat
Sumber : Menit.co.id
Tags Berita Riau TerkiniBlok RokanPertamina Hulu RokanVaksin Covid-19Vaksin Covid 19Vaksinasiwk rokanwilayah kerja rokan
Komentar