• Home
  • Kesehatan
  • Ratusan Ribuan Orang Sudah Menerima Vaksinasi Covid-19 di Dumai

Ratusan Ribuan Orang Sudah Menerima Vaksinasi Covid-19 di Dumai

Hadi Pramono Minggu, 04 Juli 2021 17:46 WIB
DUMAI - Vaksinasi merupakan satu cara untuk menekan angka penyebaran virus Covid-19. Ratusan ribu orang dari beragam profesi sudah mendapatkan vaksin yang dilaksanakan pemerintah Kota Dumai.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kesehatan Dumai dr Syaiful mengungkapkan, bahwa vaksinasi merupakan upaya dalam menekan bahkan memutus perkembangan Covid-19 di Kota Dumai.

Syaiful menerangkan, hingga Sabtu (3/7/2021), sudah 110.356 orang di Kota Dumai yang telah divaksin. Mereka berasal dari berbagai macam profesi, mulai dari tenaga medis, pelayan publik, lansia, hingga masyarakat umum.

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat untuk divaksin semakin meningkat, bahkan terlihat tinggi, hal ini terlihat saat antrean panjang di lokasi vaksinasi yang ada di Kota Dumai," katanya Minggu (4/7/2021) kepada Tribunpekanbaru.com .

Dijelaskannya, total vaksin yang diterima oleh Pemko Dumai, mulai awal hingga akhir berjumlah 172.420 dosis. 87.758 orang sudah divaksin dosis pertama, sedangkan 24.598 ‎ orang sudah menjalani penyuntikan dosis kedua.

Lebih lanjut dijelaskannya, melihat antusiasme masyarakat yang tinggi, pihaknya kembali mendapatkan bantuan sekitar 50 ribu dosis vaksin ke pemerintah Provinsi Riau maupun pusat.

Syaiful menerangkan, untuk tenaga kesehatan sudah terpakai sebanyak 4.631 dosis. Pelayan publik 35.396 dosis, lansia 4.486 dosis, masyarakat umum 65.843 dosis dan secara keseluruhan sudah 110.356 dosis yang terpakai.

"Alhamdulillah, hingga saat ini kita belum menerima laporan dampak berbahaya bahkan ‎kematian dari yang sudah divaksin," sebutnya.

Ia meminta kepada masyarakat untuk berkata jujur saat dilakukan skrining sebelum divaksin, karena ini sangat penting untuk tubuh. Dengan semakin tingginya minat masyaakat untuk divaksin, diharapkan masyarakat tidak lalai penerapan protokol kesehatan.

"Meskipun sudah divaksin bukan berarti orang tersebut kebal terhadap Covid-19. Protokol kesehatan wajib diterapkan, kami yakin jika protokol diterapkan maka Covid-19 bisa dihentikan di Kota Dumai," ucapnya.

‎Lanal Dumai Gelar Vaksinasi untuk ABK dan Pekerja Bongkar di Pelabuhan


Sebelumnya, menindaklajuti perintah Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai menggelar vaksinasi massal.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, melalui Ka. BP Lanal Dumai Kapten Laut (KW) Letty Noprita, mengungkapkan, bahwa berdasarkan arahan Panglima Lanal Dumai, telah menggelar vaksinasi massal.

Kegiatan dilaksanakan di Puskesmas Santun Usila di Jalan Datuk Laksmana Kelurahan Dumai Kota Kecamatan Dumai Kota, Kota Dumai pada akhir Juni 2021 lalu.

"Kegiatan vaksinasi bersama Dinas Kesehatan Kota Dumai ini merupakan upaya TNI AL, dalam hal ini Lanal Dumai untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kota Dumai," katanya.

Pada kegiatan vaksinasi massal tersebut, Lanal Dumai menurunkan tim vaksinator Balai Pengobatan Lanal Dumain yakni Paur Polum Letda Laut (K/W) dr. Putri Yuniarti.

Kapten Laut (KW) Letty Noprita menjelaskan, Vaksinasi yang dilaksanakan tersebut diprioritaskan kepada Anak Buah Kapal (ABK), pekerja bongkar muat pelabuhan dan masyarakat sekitar Pelabuhan Pelindo I Dumai dan pelabuhan Rakyat Kota Dumai.

"Target 165 orang peserta vaksin, baik itu untuk dosis pertama, Alhamdulillah tercapai," ujarnya.

Dikatakannya, pelayanan vaksinasi kepada masyarakat, ABK dan buruh bongkar muat ini diawali pendaftaran dan screening untuk mengetahui gejala apa saja yang dialami sebelum dilakukan penyuntikan.

Sebelum vaksinasi, tambahnya, Lanal Dumai memberikan arahan agar masyarakat yang mengikuti vaksinasi massal agar mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian dilakukan pengelompokan secara tertib untuk mencegah agar tidak terjadi kerumunan pada saat vaksinasi.

"Pimpinan TNI Angkatan Laut melalui jajarannya dalam hal ini Lanal Dumai akan senantiasi mendukung program-program pemerintah guna mendukung kegiatan vaksinasi kepada masyarakat," pungkasnya.

Sumber : Tribunpekanbaru.com
Tags Berita DumaiBerita TerkiniPemerintah Kota DumaiPemko DumaiVaksinasiVaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid 19Virus Covid-19Virus Covid 19
Komentar