• Home
  • Lingkungan
  • Pemko Pekanbaru Kasi Waktu 3 Tahun, PT Asia Forestama Raya Diminta Pindah

Pemko Pekanbaru Kasi Waktu 3 Tahun, PT Asia Forestama Raya Diminta Pindah

Goriau.com Senin, 24 Mei 2021 12:55 WIB
PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meminta PT Asia Forestama Raya pindah dan memberikan waktu 3 tahun untuk melakukan persiapan perpindahan tersebut.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan hal ini dikarenakan lokasi pabrik triplek tersebut tidak sesuai lagi dengan tata ruang Kota Pekanbaru. Sehingga operasional mereka tidak diperpanjang.

"PT Forestama Raya (pabrik triplek) tidak kami rekomendasikan lagi beroperasi di Kecamatan Rumbai Timur. Kita beri waktu mereka hingga 3 tahun, karena perpindahan tidak bisa dilakukan spontan," ujar Firdaus.

Ia mengatakan, selain PT Asia Forestama ini, Pemko Pekanbaru juga sudah melakukan permintaan serupa kepada PT. Riau Crumb Rubber Factory (Ricry) di Rumbai dan PT Bangkinang di Marpoyan Damai.

"Setelah tiga tahun, mereka bongkar sendiri," jelasnya. 

Ditambahkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, pabrik triplek yang berada di Jalan Teluk Leok, pinggiran Sungai Siak Pekanbaru itu tidak lagi diberi perpanjangan izin Hak Guna Bangunan (HGB).

PT. Asia Forestama Raya ini dulu dikenal dengan PT. Raja Garuda Mas/RGM Rumbai yang membeli perusahaan milik Surya Dumai Group bernama PT. Rantau Wijaya Sakti/RWS pada 1992. 

"Itu sebenarnya pabrik yang sudah lama. Dulu namanya PT. Rantau Wijaya Sakti (RWS). Sekarang namanya PT Asia Forestama Raya," terangnya. 
Tags Berita Hari IniBerita PekanbaruBerita RiauBerita TerbaruBerita TerkiniPemko PekanbaruWalikota Pekanbaru
Komentar