• Home
  • Maritim
  • Bupati Meranti Komitmen Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Dorak

Bupati Meranti Komitmen Lanjutkan Pembangunan Pelabuhan Dorak

Kamis, 06 Juli 2017 09:55 WIB
MERANTI - Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi berkomitmen menuntaskan proses pembangunan Pelabuhan Dorak Selatpanjang, menurutnya Meranti yang merupakan daerah kepulauan sangat membutuhkan adanya pelabuhan representatif yang mampu melayani mobilitas orang dan barang.

"Bagaimanapun kita tetap menginginkan Kabupaten Kepulauan Meranti punya pelabuhan yang memadai," ujar Bupati usai mengikuti acara penyerahan sertifikat akreditasi di Puskesmas Selatpanjang Kota dan Alahair, Rabu pagi 5 Juli 2017.

Sejauh ini menurut informasi yang diterima Bupati, proses pembebasan lahan seluas 15 hektar untuk pembangunan pelabuhan sudah tidak ada masalah, surat tanah sudah selesai tinggal lagi proses pembuatan sertifikatnya. 

Jika ini tuntas maka pembangunan dapat dilanjutkan. "Kalau bisa dikebut tahun 2018 nanti akan kita gesa pembangunannya," ucap Bupati Irwan optimis.

Bahkan Bupati tidak akan menunggu alokasi dana APBN ataupun Provinsi, untuk tahap awal, Pemkab Kepulauan Meranti akan mengupayakan penggunaan dana APBD Kabupaten. "Untuk tahap awal kita akan upayakan dari APBD dulu," paparnya.

Untuk melancarkan rencana Bupati itu, Wakil Bupati Said Hasyim beserta rombongan unsur OPD terkait, diantaranya Dinas Perhubungan, Dinas PU, BPKAD dan Bagian Tata Pemerintahan turun ke lokasi untuk melihat apa saja kendala yang akan dihadapi.

Pemkab Kepulauan Meranti menginginkan jika pelabuhan ini selesai nanti benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, pengelola tranportasi laut dan pengguna jasa pelayaran lainnya. Untuk itu Wakil Bupati Said Hasyim bersama OPD terkait mencoba mengkaji kembali kelayakan pelabuhan Dorak.

"Semegah apapun pelabuhan yang dibangun jika pengguna jasa tidak senang dan tidak bisa memanfaatkannya maka pembangunan akan sia-sia, kita harus pastikan kapal dapat bersandar dan berlayar dengan baik," ujar Wakil Bupati, sambil menginstruksikan OPD terkait untuk berkonsultasi dengan pengguna jasa pelabuhan yang dinilai sudah berpengalaman.

Untuk tahap awal, seperti dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Meranti Hendra Putra, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak asosiasi pelaut dan jasa pelayaran, serta perum pelabuhan untuk melakukan pengkajian.

"Selanjutnya kita juga akan berkonsultasi dengan Dinas Perhubungan Batam dan Karimun yang dinilai sudah cukup berpengalaman dalam hal membangun pelabuhan yang representatif," kata Hendra.

Dari hasil peninjauan yang dipimpin Wakil Bupati Said Hasyim di kawasan Pelabuhan Dorak Selatpanjang, didapati masalah lahan sudah hampir tuntas, hanya saja terbentur sedikit pada pembuatan rencana induk pelabuhan. 

Izin pelabuhan dari Gubernur dan belum disahkannya RTRW Provinsi Riau, dikhawatirkan turut mengganjal proses pembangunan, serta yang tak kalah penting membangun jalan akses yang baik menuju pelabuhan.

Namun sejauh ini Pemkab Kepulauan Meranti optimis proses pembangunan Pelabuhan Dorak dapat dilanjutkan, untuk mendukung pendanaan lobi-lobi di tingkat Kementerian terus dilakukan. 

Untuk meraih dana APBN, Pemkab Kepulauan Meranti dalam hal ini Dinas Perhubungan akan membawa semua hasil kajian pendukung pembangunan Pelabuhan Dorak ke Kementerian terkait sebagai menjadi pertimbangan diberikannya alokasi anggaran.

(wal/mcr)
Tags Pelabuhan
Komentar