• Home
  • Maritim
  • Keberadaan Garis Pantai Dumai Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Daerah

Keberadaan Garis Pantai Dumai Berpotensi Tingkatkan Perekonomian Daerah

Hadi Pramono Rabu, 29 November 2017 10:17 WIB
DUMAI - Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan Dumai memandang keberadaan garis pantai daerah itu potensial untuk dikelola dengan membentuk pelabuhan rakyat guna menangkap peluang di sektor kepelabuhanan lain.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Jasa Pelabuhan KSOP Dumai Jhonny Simbolon mengatakan, pemerintah daerah berpeluang mengelola dan membentuk pelabuhan sendiri karena berpengaruh banyak untuk kemajuan ekonomi.

"Pemerintah bisa buat pelabuhan rakyat dilahan sendiri karena ada garis pantai, dan tentu banyak peluang bisa dikelola dan bisa menciptakan sumber pendapatan asli daerah baru," kata Jhonny, di Dumai, Selasa.

Dijelaskan, pengelolaan sendiri pelabuhan rakyat bisa menguntungkan daerah karena pemerintah berwenang penuh terhadap aktivitas kepelabuhanan dan bisa mengembangkan pelayanan jasa pelayaran lain.

Pelayanan lain itu, misalnya, membuka pelabuhan penumpang, kontainer dan sebagainya serta mengandeng swasta terkait dengan melibatkan perusahaan daerah dibentuk sebagai pengelola.

"Pemerintah siapkan lahan di sisi darat dan sumber daya manusia, nantinya setelah terbentuk bisa merebut sumber pendanaan di pusat atau provinsi untuk pembangunan dermaga," sebutnya dikutip antarariau.com.

Dorongan membentuk pelabuhan rakyat ini diakui dia sudah disampaikan, mencontoh dilakukan Pemerintah Lampung sudah mengembangkan pelra dikelola sendiri dengan kondisi infrastruktur lengkap.

Pelabuhan rakyat ini menurutnya sangat menjanjikan bagi daerah mengembangkan potensi dimiliki, dan mengantisipasi marak aktivitas penyelundupan di perairan.

Sebelumnya, diketahui, Dinas Perhubungan Dumai pernah berencana membangun dan mengembangkan pelabuhan rakyat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan potensi wisata belum tergarap.

Rencana ini bertujuan selain dapat meningkatkan perekonomian masyarakat juga mampu mengenbangkan potensi wisata yang saat ini belum tergarap oleh Pemerintah.

Sebab, jika rencana ini dapat terwujud, selain mampu melayani masyarakat di bidang transportasi laut, juga mendatangkan pendapatan asli daerah cukup besar dari pengelolaan sektor kepelabuhanan.

Pelayaran rakyat adalah usaha rakyat bersifat tradisional dan mempunyai karakteristik tersendiri untuk melaksanakan angkutan di perairan dengan menggunakan kapal layar sederhana berukuran tertentu.

(ant/ant)
Tags KSOP DumaiPelabuhanPelabuhan Dumai
Komentar