• Home
  • Maritim
  • Pelindo 1 Dumai Sukses Layani Ekspor Peti Kemas Internasional

Pelindo 1 Dumai Sukses Layani Ekspor Peti Kemas Internasional

Suhadi Senin, 29 Maret 2021 16:19 WIB
DUMAI - Usaha kepelabuhan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) 1 Cabang Dumai terus meningkat. Selain menjadi kegiatan usaha curah cair, curah kering, jasa pemanduan dan penundaan serta bongkar muat, Pelindo juga meningkatkan pelayanan ekspor peti kemas internasional.

Dermaga C PT Pelindo Dumai, yang dikenal sebagai dermaga multy purpose kali ini menerima kerjasama dengan pemilik peti kemas PT Sagara Mitra Abadi dalam kegiatan muat peti kemas sebanyak 25 box untuk di ekspor keluar negeri yaitu tujuan Port Klang Malaysia.

Kegiatan muat peti kemas yang dilaksanakan pada Minggu 28 Maret 2021 malam pukul 20.00 WIB sebanyak 25 box berjalan lancar. Pekerja dilapangan memindahkan peti kemas dari trailer ke tongkang peralatan yang digunakan shore cran sennebogen yang berkapasitas 45 ton.

Direktur Utama PT Sagara Mitra Abadi, Yudi ketika dikomfirmasi mengatakan, bahwa pengiriman peti kemas lewat Dermaga C Pelindo 1 Cabang Dumai adalah yang perdana dan lebih effesien dibandingkan pada kesempatan sebelumnya.

"Kami merasa lebih effisien dibanding sebelumnya, apa lagi jarak tempuh dari Pelabuhan Dumai ke Port Klang diperkirakan hanya memerlukan waktu sekitar 20 jam perjalanan. Sebelumnya jarak tempuh sampai 3 hari perjalanan, maka dari itu kami memilih Pelabuhan Pelindo Dumai yang posisinya cukup strategis dan dekat untuk akses ke Port Klang Malaysia," kata Yudi.

Yudi selaku pemilik barang juga turut mengapresiasi ekspor perdana dari Dermaga C Pelindo 1 Cabang Dumai. “Kami mengapresiasi kesiapan Pelindo 1 Dumai dalam melaksanakan kegiatan ekspor peti kemas ini. Dukungan sarana dan prasarana serta pelengkap lainnya semakin memudahkan bongkar muat barang untuk kegiatan ekspor impor. Dengan adanya layanan ekspor di Dermaga C Pelindo Dumai, biaya logistik dapat kami tekan," ujar Yudi. 


Sementara General Manager PT Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli mengatakan kerjasama ini menjadi harapan dan titik awal untuk kesinambungan kegiatan ekspor dan import peti kemas ke manca negara melalui pelabuhan Pelindo Dumai.

"Untuk fasiltas baik dari container yard serta peralatan untuk bongkar muat dan alat berat reachtaker untuk penataan letak peti kemas selalu siap pakai yang disertai dengan operator handal. Semua ini kita lakukan untuk memberikan servis maksimal kepada pengusaha yang menjadi kerja sama dengan kita," kata Jonedi Ramli, Senin (29/3/21).

Sebagai data tambahan, kegiatan muat peti kemas ke tongkang BG BH 2 sebanyak 25 box di mulai dari pukul 20.35 selesai pukul 22.50. Kemudian tongkang BG BH 2 bergerak ke Port Klang Malaysia berlayar pada pukul 07.00 pagi, Senin 29 Maret 2021.
Tags BUMNEksporEkspor Peti KemasImport Peti KemasPelabuhan DumaiPelindo DumaiPeti Kemas
Komentar