• Home
  • Maritim
  • Penumpang Kapal Roro Dumai-Rupat Naik 5 Persen Saat Libur Panjang

Penumpang Kapal Roro Dumai-Rupat Naik 5 Persen Saat Libur Panjang

Jumat, 06 Mei 2016 14:49 WIB
DUMAI - Jasa penyeberangan Roro rute Dumai-Tanjung Kapal Rupat Kabupaten Bengkalis pada liburan empat hari ini mengalami kenaikan jumlah penumpang hingga mencapai lima persen dibanding hari-hari biasa.
         
Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Roro Dumai-Tanjung Kapal, Sugito Saputro di Dumai, Kamis mengatakan kenaikan tipis penumpang kapal roro mulai terjadi pada Kamis pagi.
         
"Penumpang hari biasa berkisar 30 penumpang, namun karena ada momen libur panjang, ada sedikit kenaikan sekitar lima persen," ucapnya.
         
Dijelaskan, untuk melayani jasa penyeberangan Roro ini ASDP mengerahkan dua unit kapal, yaitu Pare dan Kakap dengan rute normal tiga sampai empat trip keberangkatan dan kedatangan setiap hari.
         
Pelayanan penyeberangan dengan Kapal Pare bisa mengangkut maksimal 100 orang, 9 mobil pribadi dan 25 sepeda motor, sedangkan Kapal Kakap berkapasitas 100 lebih penumpang, 15 mobil dan 40 sepeda motor.
         
"Jika jumlah penumpang semakin melonjak, kami akan menambah trip kapal hingga malam hari, baik untuk keberangkatan atau kedatangan," jelasnya.
         
Jadwal keberangkatan kapal Roro dilayani ASDP setiap hari dengan dua unit kapal tersebut, yaitu, Senin hingga Jumat hanya tiga trip, dan khusus Sabtu Minggu empat trip.
         
Seorang warga Kepulauan Rupat Kabupaten Bengkalis Zakaria yang bekerja di Dumai mengaku menghabiskan liburan di kampung halaman untuk menikmati pemandangan di Pantai Teluk Rhu Rupat Utara.
         
Menurutnya, Pantai Teluk Rhu merupakan salah satu objek wisata terkenal di daerah itu dan tiap momen liburan banyak dikunjungi masyarakat dan wisatawan dari luar daerah.
         
"Momen liburan ini biasanya banyak orang datang ke Pantai Teluk Rhu itu karena memang terkenal dan perairan berbatasan langsung dengan Selat Malaka," katanya.

(rdk/ant)
Tags LiburanPelabuhan
Komentar