• Home
  • Nasional
  • BPIP: Jadikan Pancasila Penuntun Jadi Bangsa Maju

BPIP: Jadikan Pancasila Penuntun Jadi Bangsa Maju

Redaksi Rabu, 01 Juni 2022 09:05 WIB
RIAUHEADLINE.COM - BPIP mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menjadikan Pancasila sebagai bintang penuntun sehingga menjadi bangsa yang maju dan selamat.

Ini disampaikakn Ketua Dewan Pengarah Badan Pengawas Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri dalam akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/5/2022).

“Mari kita buktikan kepada dunia bahwa dengan berpegang pada ideologi Pancasila dan menjadikannya sebagai bintang penuntun, kita mampu menjadi bangsa yang maju dan selamat,” kata Megawati Soekarnoputri.

Presiden ke-5 RI tersebut mengatakan dalam peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini, ia mengajak semua masyarakat untuk bangkit bersama menang dari pandemi Covid-19 yang semakin terkendali.

Ia juga mengajak rakyat Indonesia untuk menunjukkan semangat gotong royong agar dunia semakin tahu bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar.

“Mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar yang berjuang bersama secara gotong royong. Sekali lagi selamat memperingati hari lahir Pancasila, ayo amalkan nilai Pancasila. Salam Pancasila,” ujar Megawati Soekarnoputri.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Dewan Pengarah BPIP Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno menegaskan Pancasila adalah dasar negara, juga ideologi negara dan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

“Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Pancasila pun memiliki makna sebagai falsafah negara,” ungkap Try Sutrisno.

Mantan Wakil Presiden RI ini pun mengajak seluruh rakyat Indonesia dapat menjalani hidup dengan menjunjung tinggi nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

“Marilah kita bersatu, bangkit bersama, teguh mewujudkan Indonesia maju dan membangun peradaban dunia. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Salam Pancasila,” ucap Try Sutrisno.

Sementara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni di Lapangan Pancasila Kota Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/5/2022).

“Bapak Presiden Joko Widodo yang akan memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022. Upacara peringatan hari lahir Pancasila dipusatkan di Ende,” kata Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo yang akrab disapa Romo Benny, Sabtu (28/5/2022).

Ia mengatakan, Presiden Jokowi akan menjadi Presiden Republik Indonesia (RI) kedua yang berkunjung ke Kabupaten Ende, setelah Presiden Pertama RI, Soekarno.
IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS
Editor    : Beritsatu
Tags BPIPBadan Pengawas Ideologi PancasilaHari Lahir PancasilaHari Lahir Pancasila 2022Negara Indonesia MajuPancasila
Komentar