• Home
  • Politik
  • Hasil Hearing DPRD Kuansing dan PT SUN Siap Kabulkan Tuntutan Masyarakat Sungai Bawang

Hasil Hearing DPRD Kuansing dan PT SUN Siap Kabulkan Tuntutan Masyarakat Sungai Bawang

Dio Febrian Rabu, 01 Agustus 2018 17:51 WIB
KUANSING - PT. SUN pabrik pengolahan kelapa sawit di Desa Sungai Bawang akhirnya memenuhi tuntutan masyarakat setempat setelah dilakukan hearing oleh DPRD Kuansing, Selasa (31/7/2018) kemarin di ruang Komisi B.

Adapun tuntutan yang disampaikan sebelumnya oleh masyarakat Sungai Bawang Kecamatan Singingi kepada PT. SUN yakni mengenai pemelihraan jalan, masalah limbah, masalah tenaga kerja dan tempat ibadah musallah.

Masran Ali, anggota Komisi B DPRD Kuansing, pimpinan hearing saat dihubungi, Riauterkini.com, via telepon Rabu (1/7/2018) pagi.

Masran, mengatakan, terkait masalah jalan PT. SUN sudah memiliki MOU dengan Pemda untuk pemakaian jalan Kabupaten dan akan melakukan perawatan secara berkala.

Kemudian, mengenai masalah limbah, baik yang berakibat polusi udara maupun air dan analisa AMDAL akan diadakan pembahasan tersendiri antara perwakilan masyarakat dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Sedangkan persoalan tenaga kerja, hari ini, menurutnya, akan dilakukan musyawarah, antara perwakilan masyarakat, karyawan maupun perusahaan, melaui dinas tenaga kerja dan itu kata dia, sudah disepakati untuk diselesaikan di dinas terkait.

"Apkah ke 35 tenaga kerja yang diberhentikan secara sepihak ini, akan diakomodir kembali, tergantung keputusan hari ini. Namun, dewan menyarakan kalaupun tidak diakomodir kembali, hak karyawan diminta untuk dibayarkan sejak diberhentikan," jelasnya.

Terkait tempat ibadah, Perusahaan kata Masran, bersedia untuk membangun Musollah dan mereka minta kepala desa Sungai Bawang supaya mencarikan lahan pembangunan, sedangkan untuk biaya akan ditanggung perusahaan.

"Namun, sebagai dewan kepada perusahaan saya meminta untuk dibangunkan Masjid saja, karena bisa juga untuk shalat Jum'at sekalian, sesuai kemampuan perencnaan keuangan perusahaan," jelasnya.

(rtc/dio)
Tags DPRD KuansingPabrik Sawit
Komentar