• Home
  • Siak
  • Bupati Siak Gesa Seluruh Pimpinan OPD Selesaikan Laporan Keuangan 2017

BPK Percepat Jadwal Audit

Bupati Siak Gesa Seluruh Pimpinan OPD Selesaikan Laporan Keuangan 2017

Arif Rahim Selasa, 16 Januari 2018 19:24 WIB
SIAK - Bupati Siak Syamsuar menggesa seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mempercepat laporan keuangan Pemerintah Daerah Siak tahun 2017.

Pasalnya, BPK bakal mempercapat jadwal audit di dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak. Demikian disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Siak, Syamsuar, kemarin.

"Seluruh laporan keuangan, dan tertib administrasi harus segera diselesaikan. Karena selama ini kita tidak ada bermasalah, maka kita harus menunjukan laporan pertanggungjawaban yang baik," katanya.

Syamsuar mendeadline masing-masing OPD dalam waktu seminggu ini. Hal tersebut dipicu oleh dipercepatnya jadwal audit oleh BPK.

Diketahui, jadwal audit sedianya dilaksanakan pada 27 Januari 2018 menjadi 22 Januari 2018. Ia meminta prestasi Siak untuk memperoleh opini Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) 2018 tidak terhalangi oleh lalainya OPD dalam membuat laporan.

Sementara itu, Sekdakab Siak HTS Hamzah optimistis seluruh OPD dapat menyelesaikan laporanya dalam waktu seminggu ini. Sebab, minggu lalu, pihaknya sudah mengundang seluruh pimpinan OPD membicarakan terkait penyelesaian laporan.

"Tidak banyak lagi yang dikerjakan, karena kemarin-kemarin ini masing-masing OPD sudah memulai membuat laporan," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga sudah menggesa pimpinan OPD menyelesaikan Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah (LPPD) 2017. Bahkan dia mengingatkan agar nilai LPPD juga tidak turun dibanding tahun sebelumnya.

"Tahun lalu kita terbaik di Riau, dan peringkat 3 se Sumatra. Kita ingin prestasi ini dipertahankan," kata dia dikutip dari Tribun Pekanbaru.

Ia menyampaikan, laporan keuangan selama ini tidak banyak temuan. Kesalahan yang prinsip tidak pernah terjadi. Sedangkan nilai LPPD 2016 mendapatkan angka 32.504.

"Dalam hal laporan, kita sudah menjadi rujukan daerah lain. Itulah yang kita minta OPD dapat mempertahankannya," kata dia.

(arf/arf)

Tags APBDBPKBupati SiakPemkab Siak
Komentar