• Home
  • Siak
  • Bupati Siak Syamsuar Resmikan Gedung LAM Riau Kecamatan Mempura

Bupati Siak Syamsuar Resmikan Gedung LAM Riau Kecamatan Mempura

Arif Rahim Rabu, 17 Januari 2018 19:24 WIB
Bupati Siak meresmikan pemakaian gedung LAM Riau Kecamatan Mempura. Diharapkan gedung itu dapat memberikan manfaat maksimal bagi kegiatan-kegiatan melayu di daerah itu.
SIAK - Tokoh adat Kecamatan Mempura, saat ini, Selasa (17/1/18), sudah memiliki gedung baru. Peresmian pemakaian gedung Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Mempura, langsung dilakukan Bupati Siak Syamsuar. 

Bupati berharap gedung tersebut dapat difungsikan semaksimal mungkin dengan kegiatan-kegiatan melayu yang identik dengan agama islam.

Turut hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Siak T S Hamzah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lukman, dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, serta para tokoh dan ulama serta masyarakat setempat.

Keterangan Kadisdikbud Siak Lukman, bahwa gedung LAMR Kecamatan Mempura tersebut dibangun sejak 2016 silam, dan hari ini sudah selesai serta juga diresmikan pemakaiannya. Ia berharap, kegiatan-kegiatan adat dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa, salah satu objek wisata merupakan gedung LAM Riau Kecamatan Mempura tersebut untuk itu diharapkan dapat menjadi daya tarik objek wisata.

"Di Kecamatan Mempura ini akan dikembangkan tenun siak, dan diharapkan kerajinan tenun siak tersebut dapat meningkatkan objek wisata di daerah ini," ujar Lukman.

Sementara itu Ketua LAMR Kecamatan Mempura Hamdan Saily, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih Pemkab Siak telah membangunkan gedung LAMR ini dan mendukung selaga upaya pemerintah dan segera mempungsikan gedung tersebut. 

"Kita berterima kasih, dan yang dikatakan Pak Lukman bahwa akan melestarikan kerajinan tenun siak, kami sangat mendukung sekali karena tenun siak ini sudah tidak banyak lagi pengrajinnya dan harus ada pengembangannya," ungkap Hamdan Saily.

Bupati Siak Syamsuar, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa agar masyarakat mempura dapat memanfaatkan gedung ini dengan aktifitas positif yang dapat berguna, untuk kemajuan perekonomian dan pelestarian budaya melayu yang identik dengan agama islam.

"Saya tidak ingin gedung ini usai diresmikan, usai pulalah. Saya berharap agar dapat dimanfaatkan, gedung LAMR ini tidak hanya untuk kegiatan-kegiatan adat saja, bisa saja kegiatan-kegiatan yang bernilai untuk produk wisata," terang Bupati Syamsuar.

(rls/arf)
Tags Bupati SiakPemkab Siak
Komentar