• Home
  • Siak
  • Kabupaten Siak Punya Tour Guide Bersertifikat dan Jago Berbahasa Inggris

Kabupaten Siak Punya Tour Guide Bersertifikat dan Jago Berbahasa Inggris

Arif Rahim Rabu, 11 Juli 2018 19:57 WIB
SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak tidak pernah kehabisan cara bagaimana memajukan pariwisata di negeri kerajaan Istana Melayu Siak. Kali ini untuk menyedot lebih banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Siak, putra-putri setempat dibekali pelatihan sebagai pemandu wisata atau tour guide dan mendapatkan sertifikat resmi.

"Saat ini wisatawan asing atau mancanegara juga banyak datang ke Siak. Sementara tour guide yang mayoritas dari anak muda ini sangat terbatas. Makanya penting dilakukan pelatihan dan sertifikasi pemandu wisata ini," kata Wakil Bupati Siak, Alfedri yang membuka acara tersebut di Hotel Grand Royal, Rabu (11/7/2018).

Dalam kegiatan pelatihan itu juga, Alfedri mengingatkan seluruh calon tenaga kerja di bisang pariwisata ini untuk memfasihkan bahasa Inggrisnya khususnga dalam percakapan sehari-hari.

"Ini gunanya meningkatkan jejaring industri kepariwisataan yang ada di Siak. Wisatawan asing akan senang datang ke Siak jika mereka bisa mendapatkan cerita tentang sejarah negeri Istana Matahari Timur yang kaya akan wisata alam," kata Alfedri yang ingin Tour Guide di Siak dapat bekerja profesional.

Kabupaten Siak saat ini sudah masuk destinasi wisata halal dan program Ikon (Inovasi, Kolaborasi Nasional). Dengan ini daerah akan terus mengembangkan potensi wisata yang ada dan produk lokal juga akan dikembangkan.

Pelaksanaan pelatihan pemandu wisata ini diikuti oleh 30 orang dari 10 kecamatan di Siak. "Peminatnya hingga 102 orang. Tapi yang lulus seleksi hanya 30 orang. Selama 1 minggu kedepan mereka akan mengikuti pelatihan dengan instruktur berasal dari rumah guide Jogjakarta sebanyak 5 orang," katanya.

(arm/grc)
Tags Bupati SiakPemkab Siak
Komentar