Jangan Gunakan Calo, Urus Izin Langsung ke DPMPTSP Dumai

Hadi Pramono Kamis, 17 Mei 2018 11:40 WIB
DUMAI - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai imbau masyarakat yang akan membuat surat perizinan agar tidak melalui pihak ketiga sebagai perantara.

Kepala DPMPTSP Kota Dumai Hendri Sandra mengatakan, selama ini pihaknya banyak menerima pengaduan dari masyarakat yang mengaku sudah keluar uang banyak untuk membuat perizinan. 

"Setelah dilakukan pengecekan, ternyata data pemohon tidak diketemukan karena disinyalir menggunakan pihak ketiga. Makanya saya selalu menekankan pemohon izin nggak usah pakai pihak ketiga, langsung saja datang ke kantor," ucapnya.

Hendri melanjutkan, para pemohon izin kini sudah dipermudah dalam pengurusan perizinan dan tidak lagi harus berhubungan secara langsung dengan DPMPTSP sebagai pemberi izin. 

Dipaparkannya, secara keseluruhan jumlah permohonan perizinan yang masuk ke DPMPTSP mencapai puluhan ribu atau sekitar 40 ribu dan yang kemudian diproses serta dinyatakan lolos sekitar 36 ribu. 

"Setiap tahunnya jumlah permohonan perizinan terus mengalami peningkatan. Namun tidak sedikit yang dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi syarat. Semua itu kini sudah terpangkas dengan sendirinya," jelasnya.

Kata Hendri, rata-rata pemohon izin yang dinyatakan tidak lolos lantaran tidak melengkapi berkas sesuai yang telah ditentukan. Biasanya lanjut dia, pemohon tersebut hanya coba-coba saja dengan kelengkapan seadanya.

Hendri juga menjelaskan mengenai Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Investasi Secara Elektronik atau SPIPISE adalah aplikasi yang dibangun untuk melayani investor dalam mengajukan proses perizinan dalam rangka pelaksanaan kegiatan investasi. 

Aplikasi dari SPIPISE online memiliki keuntungan yang terdiri dari:

Sistem Aksesibilitas
Dengan layanan berbasis web, perusahaan memiliki fleksibilitas untuk mengakses proses aplikasi online, ini bisa dilakukan asalkan memiliki berbagai akses jaringan ke Internet.
 
Manajemen Waktu
Dengan waktu layanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, aplikasi SPIPISE online memberikan fleksibilitas waktu kepada perusahaan untuk berinteraksi dengan sistem. Tanpa pembatasan jam dan hari kerja off.

Dokumen Manajemen
Aplikasi SPIPISE secara online akan menyimpan semua dokumen dan informasi perusahaan dalam database pada BKPM Server. Perusahaan dapat mengelola dokumen yang dimiliki dengan menambahkan dan meng-upload file data, mengubah dan menghapus informasi yang telah disimpan, dan re-download dokumen yang telah di-upload sebelumnya. 

Dokumen dan informasi yang tersimpan di SPIPISE secara online database dapat digunakan kembali untuk menerapkan lisensi Appliacation tanpa perlu mengulangi proses menyelesaikan dokumen tersebut pertama.

Sistem Transparansi
Dengan proses pelayanan dilakukan secara online, perusahaan dapat memantau kemajuan pelaksanaan layanan ini lebih transparan. Sehingga tidak ada lagi aksi percaloan dan memangkas waktu lamanya pengurus perizinan.

(Adv/Adv)
Tags DPMPTSP DumaiPemko Dumai
Komentar