• Home
  • Advertorial
  • Trobosan Inovatif DPMPTSP Dumai Tingkatkan Pelayanan Publik

Trobosan Inovatif DPMPTSP Dumai Tingkatkan Pelayanan Publik

Hadi Pramono Rabu, 16 Mei 2018 11:09 WIB
DUMAI - Salah satu pelayanan publik Pemerintah Kota Dumai yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai kini dengan gencarnya melakukan berbagai trobosan inovatif dalam melayani publik. 

Kepala DPMPTSP Kota Dumai, Hendri Sandra mengungkapkan bahwa untuk memberikan pelayanan prima, transparan dan profesional terhadap masyarakat. Pihaknya sudah melalukan berbagai trobosan inovatif dalam peningkatan pelayanan publik.

Bahkan saat ini pihaknya sedang mengembangkan perijinan pola antar jembut. Untuk prosesnya sedang dimatangkan dari semua aspek-aspek yang perlu disiapkan. Seperti sarana prasarana, sumber daya manusia maupun regulasinya.

Dengan pelayanan antar jemput tersebut, masyarakat dapat kemudahan pelayanan dan tidak harus datang ke DPMPTSP. Hanya dengan cara menghubungi/mengkontak DPMPTSP, sehingga pihaknya akan datang untuk melakukan pelayanan dan ini masih tahap penyiapan. 

Hal itu dilakukan agar image di masyarakat terkait mengurus izin tidaklah sulit maupun mahal. Sehingga image tersebut dapat dihilangkan, dan ia mengimbau dalam mengurus izin agar tidak mengunakan calo. 

Lantaran ia mengaku keberatan dengan calo karena dapat merugikan masyarakat. Dan kepada masyarakat yang melakukan pengurusan izin sendiri akan diberikan pelayanan prioritas. 

"Dan juga memberikan pelayanan cepat yakni quick service, pelayanan ini bisa diselesaikan satu hari (one day service), untuk jenis jenis izin atau non ijin yang tanpa peninjauan ke lapangan yang bersifat administratif, mudah mudahan dengan inovasi tersebut kami bisa memberikan pelayanan tebaik kepada masyarakat, yang paling penting tumbuh kepercayaan masyarakat untuk mengurus izin meningkat," ucapnya.

Sebagai data pendukung, Walikota Dumai, Zulkifli As mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemko Dumai bisa mempelajari secara seksama agar tidak terjadi miskomunikasi.

"Disini banyak aturan baru dan perlu dipahami seksama agar dimengerti setiap pengeluaran izin. Beberapa waktu lalu sempat terjadi miskomunikasi pengeluaran izin hingga akhirnya menimbulkan kegaduhan kepada publik," katanya.

Menurutnya, ini merupakan tugas hakiki bersama selaku ASN. Sebab tugas hakiki ASN itu tentu melayani masyarakat. Apalagi DPMPTSP Kota Dumai merupakan pelayanan satu pintu dalam segi pengurusan perizinan.

"Seyogyanya fungsi pemerintah itu sebagai pelayan masyarakat merupakan fungsi yang sangat penting dan selalu menjadi tolak ukur bagi masyarakat terhadap kinerja pemerintah," kata Zulkifli AS kepada peserta. 

Kata Wako, dimana kontrol masyarakat terhadap kinerja pemerintah bertujuan agar pemerintah tanggap terhadap keluhan masyarakat sehingga secara terus-menerus dan sistematis selalu memperbaiki dan meningkatkan pelayanan.

"Untuk menciptakan kondisi pelayanan yang memberikan kepuasan kepada masyarakat tentunya pemerintah harus melakukan pembenahan secara berkelanjutan agar pelayanan benar-benar berjalaan secara maksimal," katanta.

Dijelaskan lebih jauh, maka birokrasi harus mampu dan mau melakukan transformasi diri dari birokrasi yang kinerjanya kaku (rigid) menjadi birokrasi yang strukturnya lebih Fleksibel , Desentralisasi, inovatif dan responsif. 

"Apalagi aturan baru selalu keluar, maka semua ASN dituntut memahami setiap peraturan jangan sampai terjadi miskomunikasi. Pahami apa yang disampaikan narasumber ini apa yang tidak dipahami silahkan dipertanyakan," pungkasnya.

(Adv/Adv)
Tags DPMPTSP DumaiPemko Dumai
Komentar