• Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Konsultasi Publik Pemantapan Draft RTRW Tahun 2018 - 2038

Pemko Dumai Konsultasi Publik Pemantapan Draft RTRW Tahun 2018 - 2038

Yulius Medi Kamis, 15 November 2018 09:49 WIB
DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melaksanakan konsultasi publik pemantapan draft rancangan tata ruang wilayah Tahun 2018 - 2038 untuk mendukung sukses program pembangunan daerah, dipimpin Wali Kota Zulkifli As.

Konsultasi Publik rancangan peraturan daerah tentang RTRW ini menurut Wali Kota Zulkifli As dilaksanakan oleh Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Dumai mengacu Perda Provinsi Riau Nomor 10 Tahun 2018 Tentang RTRW Provinsi Riau Tahun 2018 - 2038.

"Nantinya perda yang akan dibentuk ini menjadi tolak ukur pemerintah dumai dalam penyelesaian dan penyusunan serta penyempurnaan ranperda rtrw," kata wali kota, Kamis.

Disebutkan, hingga kini Pemko Dumai belum memiliki Perda RTRW sah sebagai pedoman atau acuan dalam pemberian rekomendasi perencanaan dan pelayanan perizinan dan non perizinan.

Karena perda dibutuhkan, maka Pemko Dumai membentuk tim koordinasi penataan ruang daerah untuk melakukan penyusunan dan penyesuaian secara intensif draf Ranperda RTRW dengan mengacu Perda RTRW Provinsi Riau tahun 2018-2038. 

"Konsultasi publik ini merupakan salah satu pemenuhan persyaratan untuk pengajuan pengesahan rtrw dumai," sebut kepala daerah.

Kegiatan konsultasi publik, lanjutnya, merupakan sarana penyampaian informasi dan menjaring masukkan serta saran dari seluruh pihak pemangku kepentingan untuk penyusunan RTRW Dumai yang selaras, terintegrasi dan bermanfaat bagi kemajuan.

"Kita imbau semua pemangku kepentingan agar mengikuti konsultasi publik ini secara seksama dan turut berpartisipasi menuangkan ide, buah pikiran dan solusi terhadap penataan ruang daerah," demikian Wako Zulkifli As.

Sementara, Ketua TKPRD Muhammad Nasir mengatakan, konsultasi publik mengundang semua komponen terkait untuk memberi masukan dan pendapat, setelah itu hasil dari kesepakatan konsultasi publik langsung ditandatangani.

Masukan diterima akan dijadikan bahan untuk penyusunan penataan ruang oleh tim TKPRD dam penyempurnaan RTRW Kota Dumai, misalnya, terkait penambahan area jalur hijau dan lain sebagainya.

"Setelah semua tersusun, selanjutnya akan dibuat perda RTRW sebagai dasar penyusunan rencana detail rtrw dumai, karena kita masih memakai perda lama," kata Nasir, juga pejabat Sekretaris Daerah Kota Dumai. 

(rdk/rdk)
Tags Pemko DumaiRTRWRTRW DumaiSekda DumaiWalikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar