• Home
  • Dumai
  • Pemko Dumai Sudah Tuntas Lelang 101 dari 118 Paket Proyek

Pemko Dumai Sudah Tuntas Lelang 101 dari 118 Paket Proyek

Hadi Pramono Senin, 02 Oktober 2017 19:11 WIB
DUMAI - Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemerintah Kota Dumai menyelesaikan lelang 101 paket proyek dari total 118 kegiatan pengadaan barang dan jasa sistem tender elektronik senilai Rp111 miliar.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Kota Dumai, Afifuddin mengatakan dari pelelangan 101 paket itu, pemerintah telah menghemat anggaran Rp15 miliar yang diperoleh dari selisih nilai pagu dengan penawaran pemenang proyek.

"Jumlah proyek yang dilelang ada 118 paket senilai Rp126 miliar dan sekitar 101 proyek sudah selesai ditender dengan prediksi anggaran bisa dihemat Rp15 miliar," kata Afifuddin, kepada awak media, Senin (2/10/17).

Dijelaskannya, pelaksanaan tender kegiatan pengadaan barang dan jasa serta pembangunan infrastruktur pemerintah daerah itu dijalankan dangan layanan pengadaan sistem elektronik oleh dua kelompok kerja yang dibentuk.

"Saat ini panitia lelang masih memproses sistem pelelangan sejumlah paket yang belum rampung dan ditargetkan bisa selesai dalam pekan ini, sehingga diharap tidak ada kendala dan persoalan," kata Afifuddin.

Sejumlah paket belum selesai ini, kata dia, bukan karena keterlambatan panitia lelang, melainkan dokumen kegiatan pengadaan barang dan jasa pemerintah baru diterima dari organisasi perangkat daerah (OPD).

"Adapun sumber anggaran untuk 118 paket proyek yang dilelang tersebut dari anggaran pemerintah daerah, bantuan keuangan provinsi dan Dana Alokasi Khusus," katanya melanjutkan.

Adapun proyek itu meliputi beberapa paket menelan biaya besar, di antaranya peningkatan Jalan Sultan Sarif Kasim Rp10 miliar, Jalan Kelakap Tujuh Rp37 miliar dan pembangunan gedung olahraga Rp4,8 mliliar.

Sebelumnya, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Dumai menyebut, pelaksanaan proyek infrastruktur rigid Jalan Kelakap Tujuh dibangun sepanjang dua kilometer dan saat ini sudah mulai dikerjakan, diharap selesai sebelum akhir tahun.

Kepala Dinas PUPR Dumai Mohammad Syahminan mengatakan anggaran sebanyak Rp87 miliar dikelola untuk pelaksanaan kegiatan infrastruktur daerah, bersumber dari dana alokasi khusus Rp57 miliar dan APBD Rp30 miliar.

"Realisasi pekerjaan belum mencapai separuh, namun tetap akan digesa rampung menjelang akhir tahun 2017. Kami berharap seluruh proyek tuntas tepat waktu," kata Syahminan, secara terpisah. 

Sementara Walikota Dumai Zulkifli AS berharap seluruh proyek kegiatan dalam rangka menunjang pembangunan Kota Dumai akan rampung tepat waktu dan hasil kerjaanya maksimal hingga tahan lama.

"Saya berharap seluruh kegiatan tuntas tepat waktu dan tidak menimbulkana persoalan. Saya harap hasilnya maksimal dan tahan lama agar bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Dumai," pungkasnya.

(zik/zik)
Tags LPSELelang ProyekPemko Dumai
Komentar