• Home
  • Dumai
  • Walikota Dumai Klaim Proyek Air Bersih Mengalir Optimal Tahun 2023

Walikota Dumai Klaim Proyek Air Bersih Mengalir Optimal Tahun 2023

Hadi Pramono Senin, 21 Mei 2018 00:46 WIB
DUMAI - Proyek infrastruktur air bersih di Kota Dumai punya tahapan yang panjang. Air bersih baru mengalir di sambungan rumah secara optimal pada tahun 2023 mendatang.

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS meminta pengertian dari masyarakat bahwa ada proses panjang untuk mewujudkan satu program unggulan pembangunan di Dumai.

Zul AS mengaku pemerintah fokus dalam percepatan infrastruktur air bersih untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

"Kami berupaya agar program air bersih segera terwujud. Tapi prosesnya butuh tahapan yang panjang," terangnya dalam safari ramadhan di Masjid Al Makmur, Minggu (20/5/2018) malam.

Menurutnya, percepatan proyek air bersih berpadu dengan program SPAM Regional (Dumai, Rokan Hilir dan Bengkalis). Air Sungai Masjid menjadi air baku dalam pengolahan air bersih nantinya.

Proses pembangunan infrastruktur air bersih bakal menggandeng pihak swasta. Pembangunan infrastruktur air bersih di Dumai tidak menggunakan anggaran pemerintah.

Ada skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Pemerintah kota tidak bisa menganggarkannya lantaran keterbatasan anggaran daerah.

Zul AS mengaku ada sejumlah program unggulan pembangunan belum optimal. Ia mengaku secara perlahan dan bertahap menuntaskan satu persatu program unggulan yang ada. "Kami konsen menuntaskannya satu persatu," terangnya. 

Ia menyebut program lainnya yang jadi perhatian adalah penanganan banjir. Kota Dumai punya kondisi yang kekeringan saat musim panas dan kebanjiran saat musim hujan. Hal ini masih jadi permasalahan di Kota Dumai.

Program penanggulangan banjir tahun 2018 masuk tahapan pembuatan konsep DED. Pemerintah menggelontorkan anggaran hingga Rp 5 Miliar. Konsep DED ini seiring pembenahan atau normalisasi sungai di Kota Dumai.

Sumber: Tribun Dumai


Tags Air BersihPemko DumaiWalikota-DumaiWalikota Dumai
Komentar