• Home
  • Ekbis
  • Dua Instansi Pemko Dumai Buat Pernyataan Berbeda Soal Izin Bangunan Hotel Platinum

Dua Instansi Pemko Dumai Buat Pernyataan Berbeda Soal Izin Bangunan Hotel Platinum

Hadi Pramono Rabu, 08 November 2017 20:24 WIB
Kepala Satpol PP Kota Dumai Bambang Wardoyo memimpin secara langsung penyegelan gedung atau bangunan Hotel Platinum yang diduga belum mengantongi izin lengkap dari Pemerintah Kota Dumai.
DUMAI - Pemberitaan terhadap pembangunan Hotel Platinum di Jalan Patimura, Kecamatan Dumai Kota, yang diduga belum memiliki izin gegerkan publik. Selain belum mengantongi izin lengkap, bangunannya sempat disegel Satpol PP Kota Dumai.

Dalam hitungan hari Satpol PP Kota Dumai selaku instansi pengawal peraturan Pemerintah Kota Dumai, menanggalkan segel itu lantaran merima surat perintah pembukaan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai.

Kepala Satpol PP Kota Dumai, Bambang Wardoyo mengaku mendapat surat perintah dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai untuk membuka segel bangunan Hotel Platinum Dumai di Jalan Patimura. 

"Pagi tadi kami mendapat surat dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai untuk membuka segel bangunan Hotel Platinum. Informasinya pihak Hotel sudah mengurus IMB dan membayar Restribusi," kata Bambang.

Ditanya apakah pihak Hotel Platinum sudah mengurus dokumen UKL dan UPL dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Bambang tidak menjawab. "Kalau itu kami tidak tau, yang kami terima pemberitahuan sudah dikeluarkannya IMB," jelasnya. 

"Kalau masalah UKL dan UPL nanti kami tanyakan lagi," terangnya sembari menambahkan, sebelum membuka segel Satpol PP Kota Dumai terlebih dahulu menggelar rapat agar tidak salah melangkah dalam menegakkan peraturan di Kota Dumai.

"Sebelum buka segel kami rapat terlebih dahulu. Jangan sampai kami salah melangkah dan termasuk menanyakan izin kepada pihak hotel. Saya disini berdiri atas nama Pemko Dumai dan harus benar-benar tepat menjalankan aturan," pungkasnya.

Sementara Kabid Perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Dumai, Said Effendi mengakui pihaknya sudah memberikan izin mendirikan bangunan (IMB) kepada pihak Hotel Platinum di Jalan Patimura tersebut. 

"Pihak Hotel sudah membayar restribusi IMB sebesar Rp 138 Juta. IMB sudah kami keluarkan hari ini," katanya sambil menambahkan, bahwa segel bangunan Hotel Platinum akan dibuka hari ini mengingat izin IMB pihak hotel sudah keluar. 

"Iya benar, segel akan dibuka oleh satpol PP hari ini. Terkait UPL-UKL bisa langsung ditanyakan ke Dinas terkait. Kami disini hanya bisa mengeluarkan IMB saja," tegasnya.

Disisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai mengatakan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dikeluarkan setelah ada Dokumen Upaya Pemantau Lingkungan (UPL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL). 

"Jika sebuah bangunan belum memiliki dokumen tersebut IMB belum bisa dikeluarkan," ujar Satrio Wibowo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, Rabu (8/11/17).

"IMB bisa dikeluarkan setelah ada Dokumen Upaya Pemantau Lingkungan (UPL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL). Jika sebuah bangunan belum memiliki dokumen tersebut, maka IMB belum bisa dikeluarkan," jelasnya.

Menurutnya, setiap kegiatan usaha ada yang namanya Amdal, UPL dan UKL. Terkait UPL dan UKL ini harus dipenuhi, termasuk untuk setiap kegiatan usaha baru, harus terlebih dahulu memiliki UPL dan UKL sebelum mendirikan bangunan.

(adi/adi)
Tags Bangunan LiarHotel PlatinumPemko Dumai
Komentar