• Home
  • Ekbis
  • Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Terkendala Izin Kawasan Hutan

Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang Terkendala Izin Kawasan Hutan

Hadi Pramono Selasa, 27 April 2021 16:14 WIB
PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu informasi pembebasan lahan izin kawasan hutan di Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, untuk kelanjutan pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang, yang masih menyisakan 10 kilometer lagi belum sama sekali dilakukan pengerjaan kontruksi.

Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Riau, Ariadi, mengatakan, pengajuan pembebasan lahan di kawasan hutan milik negara, telah diajukan oleh pihak Hutama Karya bersama Dinas LHK Riau dan PUPR, ke Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, untuk bisa membebaskan lahan kawasan hutan yang terkena pembangunan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang.

“Jadi ada izin kawasan hutan yang belum dibebaskan itu sepanjang 3,5 Km, dan itu dekat sekali dari Pekanbaru, di Rimbo Panjang. Pihak HK sudah bersurat ke Kementerian LHK izin pelepasan lahan karena ini milik negara. Dan ini sudah dibahas di PUPR rapatnya, lahannya dekat Rimbo Panjang dan Kualu Nenas, kawasan hutan. Sudah menyurati tinggal proses di Kemeterian,” kata Ariadi, Selasa (27/4/2021).

Dijelaskan Ariadi, selain izin kawasan hutan, lahan yang belum dibebaskan milik masyarakat juga masih ada. Dan lahan masyarakat yang akan dibebaskan sepanjang 6,5 Km. Ia mengatakan dari pertemuan dengan masyarakat sudah sepakat untuk dilakukan proses ganti rugi lahan, sesuai kesepakatan yang telah ditetapkan.

“Untuk sisa kawasan yang belum dibebaskan itu ada 10 Km lagi, yang belum ada proses kerja kontruksinya 6,5 Km milik masyarakat dalam proses musyawarah ganti rugi, dan bisa diganti rugi bersama masyarakat. Dan satu lagi yang tadi izin kawasan 3,5 km, jadi total ada 10 Km lagi yang belum dikerjakan,” katanya.

“Jadi kalau untuk kontruksi yang sudah selesai itu sekitar 30 Km yang selesai, seperti yang telah kita tinjau bulan lalu. Tapi yang betul-betul selesai dan bisa beroperasi itu sekitar 22 Km, sisanya dalam proses penyelesaian. Dari pihak HK mengatakan tahun ini bisa dioperasional, kapan itu kita tunggu hasilnya. Kalau jarak tol Pekanbaru Bangkinang itu 40 Km,” jelasnya lagi.
Editor: Cakaplah.com

Tags Berita TerkiniKamparPekanbaruTol Pekanbaru-Bangkinang
Komentar