• Home
  • Infotorial
  • DPMPTSP Kota Dumai Jadi Leading Sektor Pelayanan Publik

DPMPTSP Kota Dumai Jadi Leading Sektor Pelayanan Publik

Hadi Pramono Jumat, 04 Mei 2018 13:03 WIB
DUMAI - Pelayanan yang baik adalah kunci dari sukses Kota Dumai dalam menciptakan sebuah kota jasa dan industri. Upaya pembenahan terus diupayakan guna mencapai target tersebut.

Untuk mencapai target yang menjadi kerja besar tersebut, Pemerintah Kota Dumai terus menerus menggenjot secara maksimal dalam penerapan pelayanan publik yang dikelola Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai.

"Kami mengimbau mari kita tingkatkan pelayanan yang baik dan cepat serta efisien kepada masyarakat usaha di Kota Dumai. Semakin banyak investor, maka semakin maju daerah kita ini," kata Walikota Dumai, Zulkifli AS.

Ia mengatakan, sesuai pesan Presiden Indonesia Joko Widodo bahwa investasi adalah satu penggerak peningkatan perekonomian dan pembukaan lahan pekerjaan, karenanya faktor pelayanan yang cepat dan efisien sangat diperlukan mendorong meningkatnya gairah investasi di Kota Dumai.

Selanjutnya, kata Walikota Dumai, kepada para masyarakat pelaku usaha, agar mengikuti proses perizinan sesuai dengan jalur atau prosedur yang sudah ada, dan menghindari pengurusan perizinan melalui jasa percaloan.

''Menggunakan jasa percaloan akan membuka pintu kolusi dan menjadikan sistim pelayanan yang buruk. Mari gunakan jalur yang sudah ada. Selama persyaratan yang dipersiapkan sudah sesuai ketentuan, maka proses perizinan tidak akan memakan waktu yang lama," imbaunya. 

Pemerintah Kota Dumai melalui DPMPTSP secara bertahap telah membangun sistim proses pengurusan perizinan yang cepat dan efisien. Dengan adanya sistem itu, maka proses pengurusan perizinan akan berjalan lancar dan maksimal sesuai keinginan para pelaku usaha atau investor.

Sementara Kepala DPMPTSP Kota Dumai, Hendri Sandra, mengatakan bahwa instansi yang dipimpinnya itu selain menjadi leading sektor, juga menjadi barometer pelayanan publik khusus dibidang pelayanan perizinan. Pasalnya DPMPTSP Dumai saat ini telah melayani 74 perizinan. 

Menurutnya, seluruh proses perizinan akan dilayani melalui pelayanan satu atap atau yang dikenal dengan PTSP dan akan dilaksanakan dengan cepat, tepat mudah dan transparan. Atas dasar itu pula, DPMPTSP Dumai pernah dinobatkan sebagai nominasi Pelayanan terpadu Satu Pintu (PTSP) terbaik Nasional. 

Hendri Sandra, menjelaskan di DPMPTSP Kota Dumai melayani segala perizinan untuk mendukung keterbukaan investasi diantara lainnya seperti pengurusan Pendaftaran Penanaman Modal, Izin Prinsip Penanaman Modal, serta masih banyak izin lainnya. 

"Semua itu sesuai dengan Perwako nomor 19 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Perwako Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pendelegasian Kewenangan Pelayanan dan Penandatanganan Perizinan dan Non Perizinan," pungkasnya.

(sos/sos)
Tags DPMPTSP DumaiPemko Dumai
Komentar