• Home
  • Infotorial
  • DPPPA Dumai Gelar Pelatihan TOT SDM Pelayanan dan Pendampingan KDRT

DPPPA Dumai Gelar Pelatihan TOT SDM Pelayanan dan Pendampingan KDRT

Infotorial Senin, 23 April 2018 20:44 WIB
Kepala Dinas PPPA Kota Dumai Dameria memberikan kata sambuatan pada kegiatan pelatihan bagi Training of Trainer (TOT) Sumber Daya Manusia pelayanan dan pendampingan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).
DUMAI - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Dumai menggelar pelatihan bagi Training of Trainer (TOT) Sumber Daya Manusia pelayanan dan pendampingan korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilaksanakan selama dua hari di Hotel Grand Zuri Dumai, Senin (23/4/18).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kota Dumai, Dameria mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dalam penyelesaian kasus KDRT. 

Kegiatan ini sesuai UU nomor 23 tahun 2004 tentang KDRT dan pelatihan TOT untuk memfasilitasi kebutuhan pelayanan dan pendampingan perempuan dan anak atas perlindungan hak keadilan dan pemberdayaan untuk mewujudkan kesetaraan, serta perlindungan diberbagai bidang kehidupan secara meyeluruh.

"Pelatihan ini kita gelar untuk meningkatkan pengetahuan tentang pelayanan dan pendampingan terhadap Korban Kekerasan dalam Rumah Tangga termasuk mengetahui jenis pelayanan, langkah-langkah yang harus di tempuh untuk menyelesaikan kasus," kata Dameria.

Dijelaskannya, para peserta yang mengikuti kegiatan ini bakal mendapatkan tambahan wawasan terkait Kebijakan pemerintah dalam penanganan Korban Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga yang disampaikan oleh narasumber.

"Saya berharap nantinya penanganan korban kekerasan, para pendamping dapat membantu upaya perlindungan perempuan, terutama para istri dan anak dari aneka bentuk kekerasan," harapnya.

Sementara Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Dumai, Haslinar Zulkifli AS mengatakan dengan kegiatan ini tentunya akan meningkatkan pemahaman dan memudahkan tenaga pelayanan dan pendamping dalam penyelenggaraan dan pemberian pelayanan pendampingan bagi korban KDRT sesuai dengan prosedur standar operasional yang telah ditetapkan.

"Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan tersedianya layanan terpadu bagi korban KDRT dan terjadinya koordinasi yang lebih baik antara petugas pelaksana PPT atau penyedia pelayanan saksi dan/atau korban lainnya," katanya menambahkan.

"Semua itu meliputi pelayanan identifikasi, pelayanan rehabilitasi kesehatan, pelayanan sosial, pelayanan pemulangan, pelayanan terintegrasi sosial dan bantuan hukum, serta untuk mencegah/meminimalisir terjadinya korban KDRT melalui langkah-langkah proaktif," pungkasnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini diantaranya, Yulhendri SH dari Dinas PPA Provinsi Riau, Desi dari P2TP2A Provinsi Riau, Ipda Yusnelli dari Polres Dumai, Kadis PPPA Dumai Dameria dan Ketum P2TP2A Kota Dumai Haslinar Zulkifli AS. Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 peserta kader di masyarakat.

(Infotorial)
Tags DPPPA DumaiPemko Dumai
Komentar