10 Cara Ampuh Menghentikan Kecanduan Rokok

Hadi Pramono Sabtu, 17 Februari 2018 16:20 WIB
PEKANBARU - Mengapa rokok berbahaya? Setiap rokok yang Anda hisap, meningkatkan risiko  penyakit jantung. Diperkirakan, setidaknya sebanyak 20 persen kematian akibat penyakit jantung karena kebiasaan merokok. 

Bukan itu saja, kebiasaan merokok juga sangat berpotensi mengakibatkan kanker paru, stroke, gangguan pernapasan, penuaan dini, gangguan reproduksi dan masih banyak lagi dampak negatif dari merokok.

Nah, bagi Anda yang masih hobi merokok, mulailah mengurangi atau bahkan menghentikan sama sekali. Memang tidak mudah, apalagi yang sudah dalam taraf kecanduan. Tapi tentu semua bisa diusahakan. Bagaimana caranya?

Simak 10  cara efektif menghentikan kecanduan merokok.

1. Niat yang sungguh-sungguh
Apapun itu, semua harus diawali dengan niat, termasuk saat Anda ingin berhenti merokok. Memang tak mudah, tapi dengan niat yang kuat dan serius, Anda akan berhasil menghentikan kecanduan rokok.

2. Berpikir positif
Berpikir positif itu sangat penting saat kita ingin meninggalkan kebiasaan buruk. Cobalah berpikir bahwa Anda akan lebih sehat ketika berhenti merokok. Dan ingat, merokok itu hanya aktivitas yang tidak bermanfaat bahkan berdampak buruk bagi kesehatan.

3. Perbanyak kegiatan positif
Cobalah untuk memperbanyak kegiatan yang positif. Selain bekerja, Anda bisa melakukan olahraga, berkebun, membersihkan rumah, melukis atau apapun kegiatan yang positif. Dengan banyak melakukan kegiatan diharapkan Anda bisa melupakan kebiasaan merokok. Karena sebagian besar perokok akan merokok jika ada waktu luang.

4. Mengganti kebiasaan merokok
Ketika Anda sedang tidak merokok pasti mulut terasa pahit atau asam. Pasti akan timbul keinginan untuk merokok lagi. Saat hal ini terjadi, cobalah untuk menggantinya dengan memakan pemen. Lakukan kebiasaan ini secara terus menerus sehingga Anda akan terbiasa tanpa rokok lagi.

5. Banyak minum air putih
Air putih banyak sekali manfaatnya bagi pecandu rokok. Cobalah minum banyak air putih setiap kali hasrat merokok datang. Meminum air putih, terutama di pagi hari akan menetralisir rasa pahit dan asam di mulut, yang akan membuat hasrat merokok Anda hilang. Cara ini sangat murah dan paling mudah  dilakukan.

6. Hindari area asap rokok
Mencari tempat yang tidak banyak asap rokok memang sangat sulit saat ini. Karena orang merokok sudah menjamur di segala sudut. Tapi, masih ada tempat bebas rokok yaitu seperti di perpustakaan, toko buku, dan tempat-tempat yang ber-AC. Dengan menempati tempat seperti itu, dengan sendirinya Anda pasti akan lupa merokok.

7. Selesai makan carilah kesibukan
Kebiasaan seorang perokok adalah biasanya setelah makan, mereka akan langsung menyalakan korek api dan  merokok. Bahkan tanpa sadar menghabiskan hingga berbatang-batang rokok. Jika Anda sudah memilki tekad untuk berhenti merokok, maka lakukanlah kegiatan lain setelah  makan. Misalnya, Anda bisa untuk menggosok gigi, bekerja, membaca, atau menonton tv. Intinya sibukkanlah diri Anda sesudah makan.

8. Minta dukungan terhadap lingkungan sekitar
Saat Anda memutuskan untuk berhenti merokok, katakanlah kepada keluarga dan teman-teman di lingkungan sekitar. Minta dukungan kepada mereka untuk mengingatkan Anda tentang bahaya rokok ketika Anda merasa ingin merokok. Biasanya orang-orang terdekat akan mendukung penuh keputusan yang positif ini.

9. Istirahat
Istirahat sangat penting bagi tubuh, untuk memulihkan stamina. Hal ini bisa Anda terapkan saat ingin merokok. Saat ingin merokok coba lupakan keinginan itu dengan beristirahat atau tidur. Dengan cara ini Anda bisa  berhenti merokok sekaligus menjaga kesehatan.

10. Berkumpullah dengan mereka yang tidak merokok
Tak bisa dipungkiri, teman pergaulan sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Jika kita bergaul akrab dengan pecandu rokok, mau ga mau kita ikut-ikutan merokok. Akibatnya akan sulit meninggalkan kebiasaan merokok. 

Maka, ketika Anda sudah bertekad berhenti merokok, cobalah berkumpul dengan mereka yang bergaya hidup sehat. Anda mungkin bisa bergabung di kelompok olahraga tertentu. Atau Anda bisa bergabung dalam komunitas sehat tanpa asap rokok yang ada di kota Anda.

Dari semua itu intinya adalah tekad yang kuat dari dalam diri untuk menghentikan kebiasaan merokok dan beralih ke gaya hidup sehat. Sering-seringlah mengingat bahaya merokok. Dan ingatlah masa depan anak-anak yang masih memerlukan bimbingan Anda.
Tags Bahaya RokokBerhenti MerokokHidup SehatTips Sehat
Komentar