• Home
  • Kesehatan
  • Dinas Kesehatan Dumai Imbau Masyarakat Waspada Wabah Difteri

Dinas Kesehatan Dumai Imbau Masyarakat Waspada Wabah Difteri

Hadi Pramono Senin, 18 Desember 2017 11:22 WIB
DUMAI - Dinas Kesehatan Kota Dumai mengimbau masyarakat untuk mewaspadai wabah difteri dengan menjaga pola makan serta lingkungan tetap bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit berisiko kematian itu.

Kepala Dinkes Dumai Paisal di Dumai, Rabu, mengatakan, meski Dumai masih bebas dari wabah difteri, namun tim medis di semua pusat kesehatan masyarakat sudah diarahkan untuk turun ke lapangan.

"Kasusnya masih nihil di Dumai, tapi kita perlu waspada terserang, dan tim medis sudah diminta rutin monitoring di lapangan," kata Paisal, dikutip dari antarariau.com.

Dijelaskannya, difteri atau infeksi menular disebabkan bakteri corynebacterium ini biasanya menyerang anak atau dewasa yang belum mendapatkan imunisasi difteri, pertusis, dan tetanus.

Pemerintah Dumai, lanjutnya, sejauh ini terus menjalankan program imunisasi bagi anak bawah lima tahun, dan berharap tidak ada warga terserang virus difteri karena sudah mendapatkan vaksin kekebalan tubuh.

"Program imunisasi terus dijalankan, tapi dikhwatirkan wabah ini dibawa pendatang. Karena itu masyarakat harus waspada dan jika ada melihat ada gejala segera bawa ke fasilitas kesehatan," sebutnya.

Selain mengawasi lingkungan masyarakat, Dinkes Dumai juga mewaspadai virus difteri ini muncul di sekolah, dan petugas kesehatan bersama guru diminta untuk terus memantau kondisi pelajar.

Difteri merupakan satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi wajib diprogramkan pemerintah yaitu difteri, pertusis, dan tetanus (DPT), dan jenis penyakit gejalanya sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan.

Sejumlah daerah mulai merebak wabah difteri, dan tercatat 622 kasus di 95 kabupaten kota di 20 provinsi dengan 32 orang meninggal dunia pada 2017. 

(ant/ant)
Tags Hidup SehatPemko DumaiPenyakit DifteriTips Sehat
Komentar