• Home
  • Pendidikan
  • Disdik Dumai Evaluasi Kesiapan 98 SMP Terapkan Full Day School

Disdik Dumai Evaluasi Kesiapan 98 SMP Terapkan Full Day School

Raudhah Tussofa Senin, 14 Agustus 2017 17:08 WIB
DUMAI - Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Dumai mendata kesiapan 98 sekolah menengah pertama untuk penerapan “full day school” atau sekolah lima hari sesuai pedoman dan pengaturan jam belajar pada peserta didik.

Kepala Disdikbud Dumai Syaari di Dumai, Minggu, mengatakan, sebanyak 98 SMP negeri swasta daerah itu sudah disurati agar melakukan evaluasi diri sebagai persiapan menjalankan program sekolah lima hari.

“Dilakukan evaluasi sambil menunggu terbitnya peraturan baru mengenai hari sekolah dalam rangka penguatan pendidikan karakter di kegiatan pembelajaran,” kata Syaari.

Dijelaskan, Disdikbud Dumai akan menerapkan kebijakan delapan jam belajar dengan lima hari sekolah ini secara bertahap, namun tetap melihat kapasitas dan kemampuan sekolah bersangkutan.

Sekolah akan menjalankan full day school ini diingatkan agar berpedoman pada pengaturan jam belajar, yaitu, hari sekolah dengan 8 jam dalam satu hari atau 40 jam selama lima hari dalam satu minggu.

“Ketentuan jam belajar full day school dalam satu minggu ini termasuk waktu istirahat selama setengah jam sehari atau atau 2,5 jam selama lima hari,” ujarnya dikuti Antara.

Beberapa lainnya perlu diperhatikan sekolah, yaitu, kegiatan belajar mengajar tidak pagi sore, sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan terpenuhi dan tersedia sarana prasarana pembelajaran.

Kemudian, ada masjid terdekat untuk ibadah shalat Jumat, tersedia sarana penyimpanan makanan siswa dan makan siang serta telah disetujui komite sekolah dan orang tua siswa.

“Bagi sekolah telah memenuhi ketentuan diharap mengajukan permohonan dan pernyataan agar segera dilakukan verifikasi kelayakan dan penetapan sebagai pelaksana sekolah lima hari,” demikian Kadisdikbud Dumai Syaari.

Diketahui, Kemdikbud dalam peraturan tentang hari sekolah menyatakan segera menerapkan kebijakan delapan jam belajar dengan lima hari sekolah pada tahun pelajaran 2017-2018.

(ant/ant)
Tags Disdik DumaiFull Day SchoolPemko Dumai
Komentar